Peristiwa

Akibat Banjir, 4 Unit Rumah di Abdya Rusak Parah

ACEHTERKINI.COM | Banjir yang melanda Abdya pada Jum’at (11/12/2015) malam sekitar pukul 21.00 wib membuat empat unit rumah di Desa Suka Damai, Kecamatan Lembah Sabil rusak parah akibat diterjang arus air dari luapan sungai (krueng) Manggeng.

Banjir dengan ketinggian rata-rata mencapai pinggang orang dewasa itu telah meluluh-lantakan rumah milik Rasyidah (62) seorang janda yang tinggal bersama dengan 3 anaknya, kemudian rumah milik Mardhian (60) juga seorang janda yang tinggal bersama 3 anaknya.

Akibat Banjir, 4 Unit Rumah di Abdya Rusak Parah
Empat unit rumah rusak parah akibat banjir di Abdya, Sabtu, 12 Desember 2015 [Rizal] 

“Mardhiah, selain rumah dan isinya hanyut diterjang banjir, berikut 8 karung padi juga turut terseret arus air,” kata Kepala Desa Suka Damai, Syarifuddin, Sabtu (12/12/2015) ketika menunjukkan sejumlah lokasi yang terkena banjir bersama dengan Camat Lembah Sabil Usmadi dan Ketua Forum Keuchik Lembah Sabil Hasani dan Ismail.

Selain dua rumah itu, di Desa yang sama rumah milik Kasman (45) yang tinggal dengan  3 orang anaknya juga menjadi sasaran arus air, kemudian rumah T Sulaiman (50) yang tinggal bersama dengan 4 orang anaknya harus dievakuasi ketempat saudaranya karena arus air cukup deras menerjang rumah mereka, ironisnya seisi rumah ludes diterjang air.

“Apalagi rumah T Sulaiman sangat dekat dengan pinggiran sungai, tepatnya pada tebing pengaman sungai yang jebol dan membuat rumah-rumah warga itu rusak diterjang arus air,” sebut Syarifuddin.

Untuk itu, Syarifuddin meminta agar tanggul pengaman tebing segera diperbaiki, kalau bisa pihak terkait untuk menurunkan beko, karena jika itu tidak segera ditanggulangi maka kejadian  yang serupa akan terulang kembali.

Sementara itu, Camat Lembah Sabil Usmadi SPd mengaku sudah mengirimkan laporan terkait 4 unit rumah warga yang rusak diterjang banjir. “Kita sudah laporkan secara lisan, kemudian selanjutnya kita juga akan surati instansi terkait agar segera mungkin untuk ditanggulangi, baik rumah warga maupun tebing yang jebol,” ujar Usmadi.

Sejauh ini pihak Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya bersama dengan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) sudah turun kelokasi untuk memberikan bantuan masa panik.

Disamping itu, Kepala BPBK Abdya Anwar Daod mengatakan, pihaknya akan melakukan penanggulangan secara darurat untuk sejumlah rumah yang diterjang banjir tersebut. “Kita akan tanggulangi dengan segera, apalagi itu menyangkut dengan tempat tinggal warga,” ungkapnya.

Mengenai pengaman tebing sungai yang jebol, tambah Anwar, pihaknya akan menanggulangi secara darurat. “Kita akan pelajari teknisnya dulu,” katanya singkat. (Rizal)

To Top