Ekonomi

Akhir Tahun, Wisatawan Ke Sabang Menbludak

ACEHTERKINI.COM | Kota Wisata Sabang mulai dipadati pengunjung menjelang tahun baru masehi 2016. Penginapan penuh, tempat-tempat wisata semakin ramai dikunjungi. Suasana di pelabuhan balohan juga sesak pengunjung.

Akhir Tahun, Wisatawan Ke Sabang Menbludak
Pelabuhan Balohan Padat Pengunjung, Aleuhat 27 Desember 2015  [Ist]

Walikota Sabang, Zulkifli H. Adam menyambut baik kedatangan wisatawan lokal dan mancanegara di kota wisata Sabang.

“Saya memberikan apresiasi kepada semua pengusaha hotel, transportasi, rumah makan, pedagang dan masyarakat yang memberikan pelayanan sangat baik kepada wisatawan yang ingin menikmati suasana tahun baru masehi di Sabang,” kata Zulkifli H Adam memberi apresiasi.

Akhir Tahun, Wisatawan Ke Sabang Menbludak
Pulau Rubiah Ramai Pengunjung, Aleuhat 27 Desember 2015 [Ist] 

Walikota juga memberi apresiasi terhadap kinerja petugas kepolisian, TNI, instansi terkait dan unsur pemuda yang telah membantu tertibnya lokasi wisata di Sabang.

Zulkifli menyampaikan maaf kepada wisatawan terkait masih adanya akses jalan yang relatif sempit di kawasan kilometer nol Indonesia. “Saya mohon maaf, kita akan memberlakukan sistem buka tutup jalan untuk memudahkan wisatawan ke Pantai Iboih,” kata Walikota, Aleuhat (27/12/2015).

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Zulfi Purnawati kepada acehterkini, Aleuhat (27/12/2015) mengatakan wisatawan dalam negeri paling banyak ke Sabang berasal dari Medan, Jakarta, Bandung, Riau, Padang, Palembang, Bengkulu dan Aceh.

Akhir Tahun, Wisatawan Ke Sabang Menbludak
Kilometer Nol, Aleuhat 27 Desember 2015 [Ist] 

“Sedangkan dari mancanegara itu Malaysia, Singapura, German dan China yang terbesar kunjunganya ke Sabang,” tutur Zulfi Purnawati.

Lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan kata Kadisbudpar Sabang  adalah Kilometer Nol Indonesia dan Pulau Rubiah. Kemudian Benteng Anoi Hitam, Kawasan Sabang Fair, lokasi space foto di kelok 13 dan taman I love Sabang.

“Kita sedang proses pendataan terkait jumlah wisatawan ke Sabang sepanjang tahun 2015 ini, kita akan update tanggal 6 Januari 2016 kerjasama dengan pihak pelabuhan,” demikian Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang, Zulfi Purnawati. [Firman]

To Top