Teknologi

YouTube Semakin Diminati Daripada Wikipedia

ACEHTERKINI.COM | Kebiasaan berinternet berubah, YouTube telah mengambil alih posisi Wikipedia sebagai tempat anak muda mencari dan mengunduh informasi.

Menurut penelitian terbaru, anak muda usia 12-15 tahun telah meninggalkan ensiklopedi online, dan beralih ke situs web berbasis video.

Untuk menemukan hal-hal serius yang tengah terjadi di dunia, 8 persen anak muda beralih ke YouTube, dan hanya 2 persen anak muda yang memilih Wikipedia.

YouTube Semakin Diminati Daripada Wikipedia

Angka tersebut naik secara signifikan dari 2014. Tahun lalu, hanya 3 persen anak muda yang menggunakan YouTube untuk tujuan tersebut, sedangkan Wikipedia 6 persen.

Untuk mencari hobi dan minat, 35 persen dari remaja dengan kelompok usia 12-15 tahun itu lebih memilih YouTube, sementara hanya 3 persen yang berkonsultasi di Wikipedia. Jumlah tersebut juga meningkat dari tahun lalu sebesar 26 persen.

Dalam berkreatifitas, sebanyak 44 persen anak muda beralih ke YouTuber favorit mereka untuk mendapatkan panduan, dan hanya 4 persen yang menggunakan Wikipedia.

Angka-angka tersebut juga jauh berubah dari tahun lalu di mana 33 persen para remaja menggunakan YouTube sebagai panduan berkreatifitas, sedangkan penggunaan Wikipedia menurun, dari 6 persen pada 2014, demikian Digital Spy. [ant]

To Top