Lingkungan

Yayasan Scorpion Surati BKSDA, Owa-Owa Ilegal Disita

ACEHTERKINI.COM | Seekor satwa yang dilindungi, Owa-owa berhasil disita BKSDA Jakarta atas laporan dari tim investigasi Yayasan Scorpion. Penyitaaan Owa-Owa itu dilakukan dalam komplek Perumahan Mediterania Boulevard, Jakarta Utara, pada Selasa (24/11/2015).

Atas penyitaan tersebut, Yayasan Scorpion menyampaikan terima kasih kepada BKSDA Jakarta. Direktur Yayasan Scorpion, Gunung Gea mengatakan, Yayasan SCORPION sangat mengapresiasi BKSDA Jakarta atas tindakannya menyita owa-owa (gibbon) dari Jakarta Utara karena satwa ini dilindungi peraturan dan perundang-undangan.

Owa-owa juga masuk dalam daftar satwa terancam punah pada Badan Konservasi Dunia (IUCN).

Yayasan Scorpion Surati BKSDA, Owa-Owa Ilegal Disita
Owa-Owa Sitaan BKSDA Jakarta dari Rumah Warga, 24 November 2015. [Ist] 

“Kami berharap bahwa BKSDA memproses kasus pemeliharan satwa dilindungi ini karena  merupakan pelanggaran atas Undang-Undang no. 5/1990 dan Peraturan Pemerintah No. 7/1999. Para pelanggar undang-undang ini bisa dihukum penjara selama 5 tahun dengan denda mencapai Rp100,000,000.00 (7.400 dolar AS), ” kata Gunung Gea seraya mengatakan bahwa satwa itu seharusnya berada di alam liar.

Sebelumnya Yayasan Scorpion mengirimkan laporan yang disertai dengan foto-foto kepada BKSDA terkait adanya Owa-Owa dalam komplek perumahan warga.

Gibbon itu ditempatkan pada kandang besar di depan rumah di Jl. Katamaran Indah 6 di Kompleks Perumahan mewah Mediterrania Boulevard, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

“Kita berikan apresiasi kepada BKSDA Jakarta atas disitanya Owa-Owa itu dari perumahan warga,” demikian Gunung Gea. [Red]

To Top