Ekonomi

Warga Abdya Baru Terima Lima Bulan Listrik Gratis

Warga Abdya Baru Terima Lima Bulan Listrik Gratis

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) baru menyalurkan rekening listrik gratis dari bulan Januari sampai dengan Mei 2015, untuk rumah warga yang memiliki kapasitas daya listrik sebesar dua amper dengan biaya tagihan dibawah Rp50 ribu per bulan.

Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Kekayaan Kabupaten (DPKKK) Thamren melalui Bendahara DPKKK Zafrol, Senin (9/11/2015) mengatakan, semua tagihan listrik gratis sudah dikirim melalui bendahara harian di masing-masing kecamatan yang ada di Abdya untuk penyaluran tahap pertama yakni dari bulan Januari sampai dengan Mei 2015.

“Kita sudah kirim dana listrik gratis itu kepada rekening bendahara di setiap kecamatan, agar dana tersebut segera disalurkan kepada masyarakat yang sudah ditentukan dalam data penerima,” ungkapnya.

Dikatakan Zafrol, anggaran yang di kucurkan untuk rekening listrik gratis itu diperkirakan mencapai Rp 3 miliar lebih bersumber dari APBK Abdya tahun 2015.

Sementara yang baru di gunakan hanya sekitar Rp497.864.378, untuk 9.529 penerima yang tergolong dalam kategori listrik rumah tangga miskin (LRTM) yang sudah diverifikasi oleh Bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Abdya.

Pembayaran tagihan listrik gratis itu masih tahap pertama, sementara untuk tahap selanjutnya masih menunggu data dari Bidang Kesra setempat.

“Untuk tahap selanjutnya kita masih menunggu data dari Bidang Kesra, kalau data penerimanya sudah ada, kita akan melakukan pencairan lagi untuk ditransfer ke rekening setiap kecamatan sesuai dengan data itu,” ungkap Zafrol singkat.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesra Setdakab Abdya, Karimun, mengatakan, pihaknya akan segera meminta kembali data untuk pembayaran selanjutnya disetiap kecamatan, agar penyaluran bisa segera dilakukan pada akhir tahun nanti.

Sementara, lanjut Karimun, masa akhir anggaran untuk tahun 2015 sudah sangat dekat, untuk itu pihak kecamatan harus mempercepat penyerahan data kembali agar dapat di verifikasi secepatnya.

“Akhir tahun sudah sangat dekat, jadi kalau pihak kecamatan belum juga menyerahkan data untuk bulan selanjutnya, maka pihak kita akan menjemput ke setiap kecamatan, supaya prosesnya lebih cepat,” ujar Karimun. (Rizal)

To Top