Pendidikan

Tingkatkan Mutu Pendidikan, 903 Guru di Aceh Jaya ikut On The Job Learning

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 903 guru dan kepala sekolah tingkat SD, SLTP dan SLTA Sederajat di Kabupaten Aceh Jaya mengikuti kegiatan peningkatan mutu pendidikan. Kegiatan ini langsung dievaluasi oleh guru dan kepala sekolah terbaik dari Jogyakarta dan Kota Banda Aceh.

Acara pelatihan tenaga pendidik ini merupakan kegiatan On The Job Learning II. Secara seremonial, kegiatan ini dibuka dan ditutup oleh Asisten Pemerintahan, Ichwan S.Sos di Kantor Dinas Pendidikan kabupaten setempat, Senin (16/11/2015). Hadir juga Forkopimda dan ratusan guru dan kepala sekolah di Aceh Jaya.

60 Orang Guru Dari Luar Aceh Jaya Melakukan Evaluasi Terhadap Proses Pembelajaran Kepada 903 Guru di Aceh Jaya Selama Lima Hari, 19 November 2015. [Arif] 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora), Kabupaten Aceh Jaya, M. Yusuf S.Pd mengatakan, guru terbaik dari Yogyakarta dan Banda Aceh ini akan mengevaluasi proses pembelajaran 903 guru di Aceh Jaya.

“Mereka juga langsung berbagi pengalaman dalam proses pembelajaran langsung ke sekolah-sekolah di Aceh Jaya,” kata M. Yusus, Selasa (17/11/2015).

“Ada 60 guru dan kepala sekolah terbaik yang didatangkan dari luar Aceh Jaya, mereka akan berada selama lima hari di Aceh Jaya,” kata M. Yusuf merincikan 34 guru dari Yogjakarta dan 26 guru dari Kota Band Aceh.

Masih dikatakan M. Yusuf, para guru itu akan melakukan sharing informasi dengan 903 guru dan kepala sekolah di Aceh Jaya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.

Kegiatan Peningkatan Mutu Pendidikan yang diikuti olah Para Guru tersebut, bertujuan untuk Pengembangan Pengetahuan Pedagogis, Kepribadian dan profesionalitas serta untuk Pengembangan Managemen Guru dan Menjamin peningkatan mutu pembelajaran dalam rangka memenuhi standar kurikulum yang berlaku.

Sepanjang tahun 2013-2015, Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya telah mengirim para guru untuk belajar mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah ke Bogor, Malang dan Bandung.

“Selama dua tahun, Pemkab telah mengirim 113 guru  PAUD, Penjaskes dan IPS ke luar Aceh Jaya untuk meningkatkan mutu pendidikan,” ungkap M. Yusuf. [Arif]

To Top