Ekonomi

Senator Aceh, Fachrul Razi: Evaluasi Semua Amdal dan Izin Perusahaan

Senator Aceh, Fachrul Razi: Evaluasi Semua Amdal dan Izin Perusahaan
Fachrul Razi MIP, Senator Aceh

ACEHTERKINI.COM | Mencegah timbulnya konflik antara perusahaan sawit dan tambang dengan masyarakat, senator Aceh, Fachrul Razi mendesak Pemerintah Aceh melakukan evaluasi secara menyeluruh semua Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) perusahaan.

Kepada acehterkini, Rabu (11/11/2015), Fachrul Razi mengatakan, semua perusahaan yang beroperasi di Aceh harus dievaluasi amdalnya. “Tujuannya untuk mencegah konflik dengan masyarakat disekitar perusahaan,” ujar Wakil Ketua Komite I DPD RI tersebut.

Selain evaluasi amdal, mantan Juru Bicara Partai Aceh ini juga mendesak Pemerintah Aceh untuk melakukan evaluasi semua perizinan pengelola tanah di Aceh baik untuk tambang maupun perkebunan.

Menyikapi masih banyaknya permasalahan tanah yang belum selesai, Fachrul Razi mengharapkan agar pemerintah membentuk tim transisi untuk merealisasikan Peraturan Presiden Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Pengalihan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Aceh dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kota Menjadi Badan Pertanahan Aceh dan Kantor Pertanahan Aceh Kabupaten Kota.

“Pemerintah dan DPR Aceh harus memprioritaskan Prolega Rancangan Qanun Pertanahan dan segera melahirkan Qanun Pertanahan memperkuat Perpres tersebut sehingga ada kepastian hukum terhadap tanah bagi mantan kombatan dan korban konflik serta memberikan keadilan kepada masyarakat miskin,” demikian Fachrul Razi singkat. [Edi]

To Top