Layanan Publik

SDN 29 Banda Aceh, Sekolah Sehat dan Bersih

ACEHTERKINI.COM | SDN 29 dipilih sebagai juara pertama lomba sekolah yang sehat dan bersih tingkat Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Camat Baiturrahman, M Rizal S Stp, Jumat (20/11/2015) menyerahkan penghargaan kepada tiga Sekolah Dasar (SD) yang ada di wilayah Kecamatan Baiturrahman.

Piagam sebagai Sekolah Sehat dan Bersih diberikan kepada SDN 29 sebagai juara pertama, SDN 22 juara dua dan SDN 5 sebagai juara tiga.

Selain piagam, kepada para juara juga diberi uang pembinaan, yakni juara pertama Rp 3 juta, juara kedua Rp 2 juta dan juara tiga diberikan 1 juta. Penghargaan ini diserahkan di Aula kantor Camat Baiturrahman.

Seusai menyerahkan penghargaan, Rizal mengatakan program ini merupakan kegiatan untuk memberikan pendidikan hidup bersih dan sehat bagi anak usia dini, terutama anak usia sekolah Dasar.

“Kita ingin sejak dini anak-anak sudah mengerti tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengerti tentang kebersihan, minimal dimulai dari lingkungan sekolah dan di tempat tinggal,” ujar Rizal.

Rizal juga mengungkapkan, pihaknya melibatkan unsur dari UPTD Puskesmas, PKK Kecamatan, Pihak Kantor Lingkungan Hidup, dan unsur dari DKKK Banda Aceh sebagai juri dalam kegiatan ini.

Untuk kriteria penilaian, juri menilai beberapa item, yakni kebersihan kantin sekolah, makanan yang mengandung unsur B2SA (Berimbang, Bergizi, Sehat dan Aman), kebersihan penjual, ketersediaan tong sampah, tersedia tempat cuci tangan, tersedianya ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan perlatan medisnya dan ketersedian pohon di sekolah sebagai penghijauan. [Edi]

To Top