Pendidikan

Ribuan Peserta Ikut Gebyar TK/PAUD Se-Kabupaten Abdya

ACEHTERKINI.COM | Sekitar 1.440 peserta dari 72 Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengikuti acara Gebyar TK/PAUD Se-Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang berlangsung di Lapangan Pante Perak, Kecamatan Susoh, Sabtu (21/11/2015) hingga hari ini, Minggu.

Ketua Panitia Pelaksana, Sarjanuddin yang juga selaku Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kabupaten Abdya, mengatakan, dari 72 TK dan PAUD tersebut melibatkan 1.440 peserta dengan didampingi 228 guru yang juga turut diramaikan oleh seribuan murid diluar peserta lainnya.

Ribuan Peserta Ikut Gebyar TK/PAUD Se-Kabupaten Abdya
Bunda PAUD Abdya Nyonya Yenni Elviza Jufri Hasanuddin mengukuhkan Bunda PAUD tingkat Desa dan Kecamatan dalam Kabupaten Abdya dalam acara Gebyar TK/PAUD Se-Kabupaten yang berlansung di Lapangan Pante Perak, Susoh, Sabtu (21/11/2015). [Rizal]

Kegiatan ini, lanjut Sarjanuddin, untuk memberikan kesempatan kepada anak didik dalam rangka menunjukkan kreatifitas dan kemampuan mereka dalam hal seni dan permainan edukatif.

“kegiatan ini sedianya berbentuk perlombaan seperti kegiatan lain yang sudah pernah dilaksanakan,” ujarnya.

Selama dua hari berturut-turut itu, tambah Sarjanuddin, pihaknya juga menyediakan makan dan snack untuk sejumlah peserta dan pendamping, selain itu panitia juga memberikan biaya transportasi kepada seluruh peserta.

Kepala Dinas Pendidikan Abdya Drs Yusnaidi MPd, menyampaikan, 50 persen kecerdasan yang didapatkan oleh seorang anak, saat ia berusia 4 tahun, maka dari itu, kecerdasan yang dimiliki saat ini harus dibimbing dengan baik.

“Oleh karenanya harus menjadi pioritas dan pusat perhatian kita bersama demi mendapatkan generasi dimasa mendatang yang berkarakter, berjiwa besar, disiplin dan jujur,” katanya singkat.

Sebelum membuka kegiatan Gebyar TK/PAUD Se-Kabupaten Abdya itu, Nyonya Yenni Elviza Jufri Hasanuddin selaku Bunda PAUD Abdya, mengatakan, pendidikan anak usia dini merupakan pondasi awal yang harus dibangun demi kemajuan bangsa dan negara nantinya.

Keberadaan PAUD turut membantu pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Dimana, pada saatnya nanti mereka mempunyai kesiapan mental untuk memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

Kemudian PAUD bukanlah semata-mata tanggung jawab pemerintah saja, tapi juga tanggung jawab masyarakat dan orang tua, guna berperan aktif menyukseskan pendidikan anak usia dini.

“Mari kita tingkatkan semangat dalam mendidik anak-anak usia dini, demi membentuk pendidikan yang berkarakter,” demikian sambutannya sekaligus membuka dan juga mengukuhkan Bunda PAUD tingkat Desa dan Kecamatan dalam Kabupaten Abdya. (Rizal)

To Top