Sosial

Prof Mai Dar, Ilmuan Aceh dari Jerman Isi Kuliah Umum di Unimal: “Aceh Sudah Saatnya Revolusi!”

Acehterkini – Prof Mai Dar Ilmuwan Aceh dari Universitas Marburg, Jerman, mengisi kuliah Umum di Universtas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, yang berlangsung di Aula Meurah Silue, Lancang Garam, di Lhokseumawe , Kamis (19/11/2015).

Prof Mai Dar, Ilmuan Aceh dari Jerman Isi Kuliah Umum di Unimal

Kegiatan tersebut di adakan oleh Program Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM) dan Prodi Ekonomi Pembangunan (EKP), Universitas Malikussaleh (Unimal), turut di hadiri sekitar 200 peserta dari kalangan civitas akademika Unimal, mahasiswa dan masyarakat umum dengan tema“ Sejarah Ekonomi, Inovasi, dan Peradaban Aceh Sumatera”.

Dalam paparan Makalah Prof Mai Dar menyebutkan, Aceh memerlukan model pembangunan SDM ala “Zawiyah” untuk mengatasi berbagai permasalahan di tengah kehidupan masyarakatnya saat ini.,

Prof Mai Dar, Ilmuan Aceh dari Jerman Isi Kuliah Umum di Unimal

“Jika Jerman memiliki revolusi Bismarck, Jepang Revolusi Meiji, dan Jokowi Revolusi Mental, maka Aceh sebenarnya sudah memiliki model revolusi edukatif ala Zawiyah dalam membangun masyarakatnya.” terangnya.

Ia menyebutkan secara historis Zawiyah merupakan institusi pendidikan yang berkembang pada masa Kesultanan Samudera Pasai abad ke-13 yang bersumber pada kearifan spiritual Islam dan lokal.

“Sebenarnya, Zawiyah didirikan untuk mengedukasi dan mencerahkan masyarakat agar dapat menjadi insan kamil (manusia paripurna) yang bermanfaat bagi lingkungan sosialnya dan di tengah kehidupan masyarakat dunia.“ katanya.

Ketua PPIM, Doktoe Ichsan, menyebutkan, selain itu dalam paparan makalah tersebut, Prof Mai Dar menegaskan, Zawiyah juga merupakan pusat peradaban dan pengetahuan.

“Para ulama dari zawiyah tidak hanya berperan dalam aktivitas edukasi masyarakat, tetapi juga terlibat aktif dalam memformulasikan arah pembangunan politik, ekonomi, sosial dan budaya. Oleh karena itu kita harapkan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kalangan internal kampus dan masyarakat luas.” harapnya (KBRN). pustaka, ilmu, online, sejarah, aceh, berita, liputan, berita aceh

Tags: #Pendidikan #Lhokseumawe #Kampus

To Top