Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Aceh Nomor 2 Terendah Di Sumatera

Pertumbuhan Ekonomi Aceh Nomor 2 Terendah Di Sumatera
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mengumumkan Pertumbuhan Ekonomi Aceh triwulan ke III pada Kamis, 5 November 2015. Catatan BPS Aceh, pertumbuhan ekonomi Aceh nomor dua terendah di Pulau Sumatera di atas Provinsi Riau.

Kepala BPS Aceh, Hermanto mengatakan, jika dilihat berdasarkan pertumbuhan ekonomi se-Sumatera, pertumbuhan ekonomi Sumatera triwulan III-2015 tumbuh sebesar 3,04 persen.

Pertumbuhan ini lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Nasional sebesar 4,73 persen.

Kepulauan Riau merupakan Provinsi yang mengalami pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatera pada triwulan III-2015 yaitu sebesar 5,72 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Aceh di triwulan III-2015 menurun sebesar 0,38 persen dan berada diposisi dua terendah se-Sumatera secara kumulatif,” ujar Hermanto.

Penurunan pertumbuhan ekonomi secara kumulatif ini masih dipengaruhi oleh turunnya kegiatan ekspor luar negeri sebesar 54,54 persen, ditambah dengan turunnya PMTB dan konsumsi LNPRT yang masing-masing sebesar 0,80 dan 5,63 persen.

Menurunnya kegiatan ekspor migas dari PT Arun NGL sejak triwulan IV-2014 masih menjadi faktor utama penurunan nilai ekspor luar negeri Aceh. [Red]

To Top