Teknologi

Pengguna Internet Meningkat, Bisnis Media Online Tumbuh Pesat

Pengguna Internet Meningkat, Bisnis Media Online Tumbuh Pesat
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun. Anggota Dewan Pers, Imam Wahyudi mengatakan pertumbuhan pengakses media secara online naik 100 persen.

Imam menjelaskan pelanggan internet di Indonesia sudah mencapai 83 juta orang. “Kecendrungan dari 2008-2012 pertumbuhan pengakses media secara online naik 100 persen,” kata Imam di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Rabu (11/11/2015).

Katanya, pengguna internet dari usia 17-35 tahun adalah kelompok produktif dan punya uang. “kedepan prospek media secara online akan tumbuh pesat,” ujar Imam.

Ia mengatakan pendapatan iklan media digital itu lebih menguntungkan dengan iklan google. Semua data akan masuk ke google dan menjadi produsen berita terbesar di dunia.

“Kurangi iklan-iklan kerjasama dengan pemerintah yang akan mempengaruhi independensi media online tersebut,” kata Imam.

Sementara itu, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mencatat akhir tahun 2014 pengguna internet di Indonesia meningkat menjadi 88 juta orang. Pulau Sumatera menduduki peringkat dua pengguna terbanyak mencapai 18,6 juta orang.

“Paling tinggi pengakses atau penetrasi internet di Sumatera ada di Aceh hingga mencapai 49 persen,” tulis APJII dalam situs resminya.

Sedangkan untuk pengguna internet di Aceh sudah mencapai 2,4 juta orang dengan nomor empat tertinggi di Pulau Sumatera di bawah Sumatera Utara, Lampung dan Sumatera Selatan.

Pengguna jaringan sosial, searching dan mencari berita lebih tinggi pengakses internet di Indonesia. [Red]

To Top