Ekonomi

Pameran di Inggris, Kopi Gayo “Terbaik” di Dunia

ACEHTERKINI.COM | Direktur Ganymedes Tour Ltd, Georger Soultis mengatakan banyak kopi yang berkualitas dapat ditemui di Indonesia.

“Kopi di Indonesia terbaik di dunia,” kata dia pada pameran pariwisata “World Travel Mart” (WTM) 2015 di London, Inggris, Minggu (15/11/2015).

Sementara itu, Deryl Juniar dari Batista Coffee mengatakan, saat pameran tersebut dirinya menyajikan empat macam jenis kopi Indoensia yang berbeda baik asal kopi maupun cita rasanya.

“Saya membawa dan menyediakan empat jenis kopi yang berbeda mulai dari Kopi Bali Kintamani, Kopi Toraja, Kopi Aceh Gayo, Kopi Papua Wamena,” ujar Deryl.

Umumnya, lanjut Deryl, para pengunjung rela antre untuk mencicipi kopi Gayo yang berasal dari Aceh.

“Kopi yang khusus didatangkan dari daerah masih berupa kopi mentah dan baru diolah di Jakarta untuk bisa disajikan langsung kepada pengunjung,” ujar Deryl.

Kenikmatan cita rasa kopi Indonesia juga diakui Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Hamzah Thayeb.

“Kopi Indonesia memiliki cita rasa yang strong dibandingkan kopi yang ada di Inggris. Kemarin saya mencoba kopi Kintamani dan hari ini Kopi Toraja Mamasa,” ujar Hamzah Thayeb.

Sebagai tambahan, Tim Asosiasi Kopi Eropa, SCAE (Specialty Coffee Association of Europe) saat ini menuju Aceh Tengah asal kopi gayo, Senin (16/11/2015).

Kunjungan tim kopi Eropa ke Takengon untuk melihat secara langsung perkebunan kopi rakyat di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah hingga 22 November 2015. [ant/red]

To Top