Nasional

Microsoft Latih Seribu Pelajar Buat Aplikasi

Microsoft Latih Seribu Pelajar Buat Aplikasi

Microsoft Indonesia memberikan pelatihan ribuan pelajar di Yogyakarta mengenai bahasa pemrogaraman atau “coding” untuk menciptakan berbagai aplikasi permainan. Pelatihan melalui program Microsoft YouthSpark 2015 yang diikuti 1.000 pelajar dari berbagai lembaga pendidikan di Yogyakarta itu terpusat di UGM.

“Kami ingin para remaja di Yogyakarta tidak hanya menjadi konsumen teknologi melainkan juga mampu menciptakan aplikasi sendiri,” kata Director of Corporate Affairs Microsoft Indonesia, Ruben Hattari, Selasa (17/11).

Menurut dia, pelatihan itu penting di era pasar digital saat ini. Sebab tanpa kemampuan memahami bahasa pemrograman, penduduk di Indonesia hanya menjadi pasar potensial berbagai produk digital dari luar negeri. Menurut Ruben, para pelajar akan dibekali pemahaman “Kodu Game Lab”, yakni sebuah bahasa programan yang cenderung mudah dipelajari dan digunakan oleh pembuat aplikasi pemula.

Dari sekitar 1.000 pelajar peserta pelatihan itu, selanjutkan akan diseleski menjadi 200 pelajar yang akan mempersembahkan ide aplikasi permainan. Selanjutnya, akan dipilih tiga aplikasi terbaik untuk mendapatkan pelatihan lebih lanjut di Microsoft Innovation Center di UGM.

Tujuan akhir YouthSpark, kata dia, bukan untuk melihat seberapa rumit aplikasi permainan yang berhasil dikembangkan, melainkan proses kreatif yang telah ditempuh para peserta. “Kami berharap anak muda mampu memberikan ide kreatif dan strategis yang dapat diwujudkan melalui proses “coding”,” kata Ruben.

Microsoft YouthSpark 2015 yang akan berlangsung mulai November hingga Mei 2016 itu terselenggara atas kerja sama, Microsoft Indonesia bersama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UGM serta Yayasan Cinta Anak Bangsa (REPUBLIKA.CO.ID – YCAB).

To Top