Pendidikan

Majukan TIK, Provinsi Aceh dan Banda Aceh Terima Penghargaan

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kota Banda Aceh mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penghargaan itu diberi nama Anugerah Ki Hajar.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaam (Pustekkom), Ari Santoso mengungkapkan tahun ini ada 34 provinsi yang ikut.

Majukan TIK, Provinsi Aceh dan Banda Aceh Terima Penghargaan
Ari Santoso

“Pergerakan dalam penggunaan TIK di daerah tampak signifikan. Hal itu disebabkan adanya dukungan dari pimpinan. Karena itulah, kita mulai memberikan apresiasi pada pimpinan di daerah tersebut,” ungkapnya di Kemdikbud Jakarta, Kamis (26/11/2015) sebagaimana dilansir situs okezone.

Menurut Ari, penggunaan TIK yang signifikan tersebut tidak mungkin bisa terjadi. Tanpa adanya dukungan dari para pemimpin di daerah.

“Tidak akan mungkin TIK masuk ke daerah,” ujarnya. Ari menyampaikan bila saat ini sudah ada sekira 170 ribuan sekolah yang menggunakan TIK. Dalam anugerah ini, ada beberapa poin yang menjadi penilaian.

“Yakni pada program, implementasinya serta dampaknya pada masyarakat,” tambahnya.
Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo yang mewakili Gubernur Aceh sebagai pemenang, Dr Zaini Abdullah menyatakan bila TIK menjadi kekuatan dalam dunia pendidikan. Namun masalah berada di daerah 3T. Sehingga daerah-daerah tersebut perlu dijangkau.

“Pemerintah Aceh berkomitmen untuk membangun teknolog. Nah, itu dimulai dari daerah-daerah. Itu menjadi komitmen yang kuat dengan TIK ini diharapkan pendidikan bisa menjadi lebih baik,” tutupnya.

Berikut daftar pemimpin daerah yang berhasil mendapatkan anugerah Kihajar 2015 ;

Katagori Gubernur:

1. Sri Sultan Hamengku Buwono X – DIY
2. H. Ganjar Pranowo, SH, MIP – Jawa Tengah
3. Dr. Zaini Abdullah – Prov. Aceh

Katagori Bupati/Walikota:

1. Drs. Haryadi Suyuti – Kota Yogya
2. Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM – Kota Jayapura
3. H. Syarif Fasha, ME – Kota Jambi
4. Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE – Kota Aceh
5. H. Marten A. Taha, SE, Mec.Dev – Kota Gorontalo
6. Ir. H. Adi Darma, MSi – Kota Bandung
7. H. Hendri Arbis, BSBA – Kota Padang Panjang
8. Drs. H. Juliatmono, MM – Kabupaten Karanganyar

To Top