Nasional

Laskar Aswaja Untuk Tangkal Aksi Radikal

ACEHTERKINI.COM | DPP Laskar Ahlussunah Wal Jamaah (Aswaja) tengah menggembleng ratusan kadernya melalui pendidikan dan latihan khusus (diklatsus) untuk kegiatan bela negara.

Nantinya, para kader Aswaja yang telah menjalani diklatsus akan diterjunkan ke masyarakat untuk menangkal kelompok radikal yang mengatasnamakan agama.

Sejak Jumat (27/11/2015) hingga Minggu (29/11/2015), DPP Aswaja menggelar Diklatsus Braja I di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga, Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Laskar Aswaja Untuk Tangkal Aksi Radikal

Ketua Umum DPP Laskar Aswaja, Adhi Tobing Permana mengatakan, peserta yang telah menjalani diklatsus akan disatukan dalam Brigade Aswaja alias Braja yang baru saja dibentuk.

“Tujuan membentuk  Brigade  Aswaja adalah untuk mengawal dan menjaga nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah yang esensinya adalah Islam rahmatan lil alamin,” ujar Ketua Umum DPP Laskar Aswaja, Adhi Tobing Permana dilansir JPNN.

Ia menambahkan, aksi radikal dengan bersembunyi di balik agama kian marak di tingkat nasional atau pun global. Adhi menegaskan, radikalisme tidak semestinya dibalas dengan aksi kekerasan dan balas dendam.

“Karena balas dendam hanya menyisahkan permusuhan berkepanjangan,” katanya. Menurutnya, gerakan radikal itu bukan atas dasar norma agama, tetapi pemahaman yang salah terhadap ajaran agama.

“Pemahaman dan pemikiran yang salah ini yang harus diluruskan,” katanya. Ia menambahkan, untuk melawan aksi teror dalam bentuk kekerasan dan intimidasi tidak harus dengan aksi serupa.

“Tetapi bisa dengan edukasi dan sosialisasi. Brigade Aswaja akan melakukan gerakan Islam Rahmatan Lil A’alamin ke berbagai ponpes, majelis taklim dan lembaga pendidikan lainnya,” ujarnya. [Sad]

To Top