Sosial

Isma Junida dan Doni Ihsan Wijaya, Duta Damai Aceh 2015

ACEHTERKINI.COM | Isma Junida warga Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meraih juara I (satu) dalam seleksi pemilihan duta damai Aceh yang berlansung di Hotel Meurah Mulia, Prada, Banda Aceh dari 12-14 November 2015.

Warga Blangpidie kelahiran 8 Juni 1994 itu, lolos sebagai duta damai Aceh dalam rangka menyambut peringatan MoU Helsinki ke-10 yang digelar di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh.

Isma Junida, Duta Damai Aceh 2015

Hardi Yuzar selaku Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata pada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Abdya, Senin (16/11/2015) malam mengatakan, Isma Junida berhasil meraih juara I setelah bersaing ketat dengan  34 orang atau 17 pasang, dari juara kabupaten/kota dan perguruan tinggi se-Aceh.

Setelah menjalani proses seleksi yang begitu ketat, Isma Junida mendapatkan prestasi terbaik menjadi juara satu duta damai Aceh yang akan berdampingan dengan Doni Ihsan Wijaya dari Banda Aceh yang juga meraih juara satu duta damai Aceh kategori pria asal Banda Aceh.

Sedangkan peserta putra Damai Aceh Rikar Maulana yang juga dikirim dari Kabupaten Abdya hanya meraih juara favorit dalam ajang tersebut. Meskipun demikian, kedua putra dan putri Abdya dimaksud telah mampu mengharumkan nama baik daerah.

Hardi menjelaskan, adapun materi yang dinilai dalam ajang itu meliputi MoU Helsinki dan perdamaian Aceh, otonomi khusus Aceh, damai ditinjau dari segi agama, wawasan kebangsaan, adat dan budaya Aceh, bahaya narkoba dan pergaulan bebas, serta pembangunan masyarakat.

Khusus pasangan juara I duta damai Aceh, Doni Ihsan dan Isma Junida, ditempatkan panitia di garda terdepan untuk menyambut kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Taman Ratu Safiatuddin, Minggu (15/11/2015), namun seluruh finalis duta damai Aceh lainnya juga dihadirkan dalam puncak peringatan sepuluh tahun damai Aceh.

Awalnya persiapan Abdya dalam mengutus calon duta damai Aceh bisa dikatakan tidak matang. Pasalnya, dinas terkait baru mendapatkan informasi kegiatan itu melalui surat edaran Gubernur Aceh terkait persiapan kegiatan itu pada akhir Oktober. Akan tetapi dengan berbagai upaya, serta dengan sejumlah seleksi, Pemkab Abdya mengutus  Isma Junida dan Rikar Maulana dalam kontes itu.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami atas apa yang sudah diraih oleh mereka, apalagi mereka merupakan yang terbaik dalam momen peringatan damai Aceh,” ujarnya singkat. (Rizal)

To Top