Politik

Intervensi Partai Golkar. Komisi I : Bisa Saja Kami Panggil Gubernur Aceh

ACEHTERKINI.COM | Konflik yang dialami Partai Golkar sebenarnya itu urusan internal partai. Karena sudah masuk ke ranah lembaga dewan, bisa saja DPRA memanggil Gubernur Aceh untuk minta penjelasan.

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menerima usulan dari Partai Golkar terkait reposisi pimpinan DPRA dari Golkar. Kemudian usulan itu dimusyawarahkan. Ketika hasil musyawarah itu harus dilanjutkan prosesnya sampai ke Paripurna hingga diteruskan ke Mendagri, itu bagian dari proses.

“Walaupun ada proses, DPRA dan Gubernur bukan yang menentukan, melainkan Mendagri,” kata Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh, Sabtu (21/11/2015).

Intervensi Partai Golkar. Komisi I : Bisa Saja Kami Panggil Gubernur Aceh
Abdullah Saleh

“Kami menyayangkan memang, ketika Gubernur Aceh melakukan intervensi terkait persoalan internal Partai Golkar,” katanya.

Menurut Abdullah Saleh, gubernur dan DPRA itu bukan orang yang memberikan pendapat soal sah atau tidaknya usulan Partai Golkar itu.

“Idealnya, gubernur menyampaikan usulan itu ke Mendagri, sifatnya meneruskan bukan membuat surat yang berisi pendapat apa yang menjadi persoalan internal Partai Golkar,” tandasnya.

Dan itu, masih kata Abdullah Saleh sudah dilakukan oleh Plh. Gubernur Aceh, Muzakir Manaf sewaktu Zaini Abdullah menunaikan ibadah haji.

“DPRA dan Plh. Gubernur Aceh hanya meneruskan saja ke Mendagri, tidak memberikan pendapat terkait persoalan tersebut,” ujarnya.

“Intervensi yang dilakukan gubernur itu bukan saja ke internal Partai Golkar, tapi sudah termasuk kelembagaan DPRA,” kata Ketua Komisi I DPRA yang membidangi masalah hukum, politik dan pemerintahan ini.

“Akan kita bicarakan lebih lanjut, dan yang sangat merasakan dampak adalah Partai Golkar, kita tunggu surat keberatan yang akan disampaikan Golkar ke DPRA, sesuai dengan kewenangan, bisa saja Gubernur Aceh kita panggil untuk minta penjelasan ini,” demikian Ketua Komisi I DPRA, Abdullah Saleh.

Intervensi Partai Golkar. Komisi I : Bisa Saja Kami Panggil Gubernur Aceh
Muntasir Hamid

Sekretaris DPD I Partai Golkar, Muntasir Hamid kepada acehterkini, Sabtu (21/11/2015) mengaku sangat kecewa dengan campur-tangan Gubernur Aceh terhadap persoalan internal partai yang berlambang pohon beringin itu.

“Kami akan sampaikan surat keberatan kepada DPRA untuk memanggil Gubernur Aceh agar mempertanggungjawabkan perbuatannya yang sudah melakukan intervensi internal Partai Golkar,” kata Muntasir Hamid. [Firman]

To Top