Sosial

Inilah Statistik Rumah Ibadah di Provinsi Aceh

ACEHTERKINI.COM | Jika dilihat dari jumlah rumah ibadah di Aceh, Masjid memiliki jumlah terbanyak dibandingkan Gereja, Pura dan Vihara. Rumah ibadah umat Islam ini paling banyak di Kabupaten Aceh Timur dan paling sedikit ada di Kota Sabang.

Dilansir laman Kemenag Aceh Minggu, (29/11/2015), jumlah Masjid di 23 kabupaten kota di Aceh sebanyak 3.928 unit. Paling banyak berada di Kabupaten Aceh Timur mencapai 372 masjid, disusul Aceh Utara 328 unit dan Kabupaten Aceh Barat 290 unit. Sedangkan yang paling sedikit di Kota Sabang masih 21 unit.

Inilah Statistik Rumah Ibadah di Provinsi Aceh

Kemudian jumlah rumah ibadah milik ummat Kristen di Aceh juga tersebar di sejumlah kabupaten kota. Kemenag Aceh mencatat ada 61 unit Gereja, terdiri dari 19 Gereja Katolik dan 42 unit Gereja Kristen.

Gereja Kristen paling banyak ada di Aceh Tenggara hingga 30 unit, disusul Aceh Singkil 4 unit, Banda Aceh 3 unit dan Bireuen, Aceh Tengah, Sabang, Lhokseumawe, Langsa masing-masing 1 unit.

Selanjut jumlah Gereja Kristen Katolik paling banyak berada di Aceh Tenggara hingga 8 unit, disusul Aceh 4 unit. Sedangkan Kota Banda Aceh, Aceh Tengah, Bireuen, Kota Sabang, Subulussalam, Lhokseumawe dan Aceh Barat masing-masing memiliki satu unit Gereja Katolik.

Berikutnya rumah ibadah milik ummat Budha di Aceh masih berjumlah 9 Vihara yang berada di Banda Aceh 4 unit dan Aceh Tengah, Bireuen, Langsa, Lhokseumawe dan Kota Sabang masing-masing 1 unit.

Rumah ibadah milik ummat Hindu di Provinsi Aceh masih terdapat dua Pura yaitu di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Tengah.

Data yang dicatat tahun 2015 ini oleh Kemenag Aceh jumlahnya bertambah jika dibandingkan dengan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) ekspose Aceh Dalam Angka 2015.


Dalam catatan BPS itu juga bersumber dari Kementerian Agama Provinsi Aceh  menyebutkan jumlah Masjid di Aceh sebanyak 3.939 unit, Gereja Katolik 6 unit, Gereja Kristen 36 unit, Vihara sebanyak 17 unit. Sedangkan rumah ibadah Pura belum ada di tahun 2014. [Red]

To Top