Sosial

Hari AIDS Sedunia, Amerika Bangga Bermitra Dengan Indonesia

ACEHTERKINI.COM | Pada hari AIDS Sedunia tahun 2015, Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) dan Rencana Darurat Presiden AS untuk AIDS (PEPFAR) sangat gembira dapat bermitra dengan Pemerintah Indonesia untuk menjawab tantangan dan mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030.

Melalui upaya bersama yang dilakukan dengan  beberapa organisasi masyarakat sipil lokal, USAID mampu menjangkau 100.589 anggota prioritas dan populasi kunci untuk memaparkan informasi tentang HIV/AIDS, dan 81 persen di antaranya telah melakukan tes HIV di fasilitas kesehatan milik pemerintah maupun dan swasta.

Keterangan dari US Consulate Medan diterima acehterkini, Senin (30/11/2015), menyatakan bahwa Hari AIDS Sedunia tahun 2015 menjadi kesempatan untuk menghormati orang-orang yang telah kehilangan nyawa karena AIDS, orang-orang yang hidup dengan HIV/AIDS, dan orang-orang yang memberikan perawatan, keluarga, teman-teman, dan masyarakat yang mendukungnya.

Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk menggunakan berbagai instrumen baru tersebut dalam Strategi dan Rencana Aksi Nasional Penanggulangan HIV/AIDS 2015-2019.

Pelaksanaan strategi baru akan memastikan infeksi baru HIV dan kematian akibat AIDS menurun 50 persen atau sedikitnya setengah dari orang yang hidup dengan HIV akan mendapatkan obat ARV yang dapat menyelamatkan nyawa, dan jumlah infeksi HIV pada bayi yang lahir dari ibu dengan HIV positif akan menurun secara signifikan.

Mencapai tujuan ini tentunya tidak mudah.  Untuk menjangkau orang-orang yang hidup dengan HIV, kita semua harus berbagi tanggung jawab dan bersama memperkuat upaya ini. [Ril]

To Top