Ekonomi

Hama Tikus Rugikan Petani Aceh Tenggara

Hama Tikus Rugikan Petani Aceh Tenggara

ACEHTERKINI.COM | Hama tikus yang merusak tanaman padi di Kabupaten Aceh Tenggara mulai meresahkan petani. Sekretaris Dinas Pertanian Aceh Tenggara (Agara), Bustami SP mengatakan hama tikus sudah mulai meresahkan petani.

“Kerusakan terjadi pada semua tingkatan pertumbuhan, mulai dari semai hingga panen bahkan sampai ke gudang penyimpanan, kerusakan parah terjadi jika tikus menyerang padi pada fase generative,” ujar Bustami, Senin (16/11/2015).

Ia menjelaskan hama tikus menyerang pada malam hari. “Pihaknya akan menanggulangi hama ini dengan melakukan pelatihan kepada petani,” ungkapnya.

Untuk mencapai target produksi padi di Aceh Tenggara, Dinas Pertanian berupayan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Petani. “Kita harapkan target 2,7 ton produksi padi dapat tercapai,” urainya.

Dijumpai secara terpisah, Kepala Bidang Penanggulangan Hama pada dinas setempat, Junaini SP mengatakan penyakit hama bagi petani padi dan jagung umumnya diserang tikus, keongmas, penggerak batang, tungo dan hawar bakteri. [Dinni]

To Top