Sosial

Gubernur: Banda Aceh Akan Dibangun 3 Jembatan Utama

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah memastikan pembangunan tiga jembatan utama di Kota Banda Aceh segera akan terealisasi.

“Ada tiga proyek jembatan yang menjadi perhatian Pemerintah untuk Kota Banda Aceh,” ujar Zaini Abdullah saat meresmikan proyek jembatan Lamnyong, Senin (30/11/2015).

Zaini mengatakan tiga jembatan utama itu satu diantaranya adalah jembatan Lamnyong yang menghubungkan Banda Aceh – Darussalam.

Gubernur : Banda Aceh Akan Dibangun 3 Jembatan Utama
Gubernur Aceh, Zaini Abdullah Meresmikan Jembatan Lamnyong, 30 November 2015 

Kemudian dua lagi adalah jembatan Krueng Cut sepanjang 310 meter dan jembatan layang atau fly over di Simpang Surabaya sepanjang 881 meter.

Dikatakan oleh Gubernur Aceh, jembatan Lamnyong yang panjangnya 300 meter itu didanai oleh APBA 2015 yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya. Proyek ini dapat selesai selama 450 hari.

“Kalau jembatan Krueng Cut dan fly Over Simpang Surabaya itu didanai oleh APBN tahun 2015-2017 yang sifatnya Multi Years Contract,” ujar Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

“InsyaAllah, peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk kedua proyek ini akan dilakukan dalam waktu dekat,” harap Zaini Abdullah.

Selain itu, tambah Zaini pembangunan jembatan Pango saat ini sedang dilakukan pendataan ulang untuk pembebasan lahan.

“Harapannya semua proyek tersebut dapat berjalan sesuai waktu agar masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya,” pinta Gubernur Aceh.

Informasi yang diterima acehterkini dari sistem pelelangan online, proyek jembatan Krueng Cut dan Fly Over di Simpang Surabaya dimenangkan oleh PT. Wahana Mitra Amerta (JO)- PT. Eskapindo Matra, PT. Lavita Inti sebagai pengawasan teknik untuk kedua jembatan tersebut dengan nilai kontrak sebesar Rp. 9,498,115,000 selama waktu 1050 hari dari tanggal kontrak 8 Juni 2015.

Kemudian untuk Pembangunan Fly Over Simpang Surabaya masih dalam tahapan Pemberian Penjelasan (Aanwijzing) proses lelang. Pembangunan Fly Over ini dialokasikan APBN sebesar Rp264.123.911.000.

Kemudian Pembangunan Jembatan Krueng Cut dimenangkan oleh PT. Adhi Karya dengan nilai kontrak Rp71.985.112.000 pada tanggal 23 Oktober 2015. [Red]

To Top