Politik

Gubernur Aceh Ingin Ada 30 Persen Perempuan di Parlemen

ACEHTERKINI.COM | Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menginginkan partisipasi perempuan Aceh di berbagai sektor dapat ditingkatkan. Paling tidak pada Pemilu Legislatif 2019 mendatang, perempuan Aceh diharapkan bisa mengisi 30 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh.

Hal itu dikatakan Zaini Abdullah dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda Aceh, Syahrul pada acara Penganugerahan Perempuan Aceh Award 2015 di Gedung BKOW, Kota Banda Aceh.

Menurut Doto, keterwakilan perempuan di ruang publik akan mampu mendorong bangkitnya partisipasi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan di Bumi Serambi Mekah ini.

Gubernur Aceh Ingin Ada 30 Persen Perempuan di Parlemen
Penganugerahan Perempuan Aceh Award 2015 

“Saya tegaskan bahwa perempuan Aceh tetap bisa berprestasi sebagaimana yang dicapai kaum laki-laki. Karenanya dalam pembangunan Aceh, pemberdayaan perempuan menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah,” sebut gubernur.

Gubernur berharap dengan adanya anugerah Perempuan Aceh Award ini, penguatan kapasitas perempuan dapat ditingkatkan, sehingga perempuan Aceh mampu menunjukkan jati dirinya sebagai pelaku aktif pembanguan.

Di legislatif, lanjut Gubernur, keterwakilan perempuan juga sangat minim. Di DPR Aceh, dari 81 anggota legislatif, hanya 12 perempuan atau 14,8 persen.

Sedangkan di seluruh Aceh, dari 650 kursi yang tersedia di 23 DPRK, hanya 57 kursi diisi perempuan atau hanya sebesar 8,8 persen.

Karenanya Gubernur berharap event ini akan mampu menginspirasi masyarakat luas tentang tentang pentingnya peran serta perempuan dalam berbagai bidang pembangunan masyarakat dan daerah. [Red]

To Top