Sosial

Gaung Isu Provinsi ALA-ABAS di Abdya Mulai Redup

ACEHTERKINI.COM | Pasca pertemuan yang digagas sejumlah pengurus Komite Pelaksana Pembentukan Provinsi Aceh Barat Selatan (KP3 ABAS) pada Oktober 2015 lalu, sejumlah masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menilai isu pemekaran Provinsi Aceh Lauser Antara Aceh Barat Selatan (ALA-ABAS) mulai ‘redup’.

“Seperti tidak ada tindak lanjut saja, padahal katanya rekomendasi pemekaran propinsi ALA-ABAS itu sudah final,”  kata salah seorang warga Kota Blangpidie, Kamis (19/11/2015).

Dikatakannya, ada beberapa indikator bahwa isu pemekaran tersebut dinilai redup, selain terputusnya informasi pasca pertemuan pengurus KP3 ABAS se Pantai Barat Selatan di Abdya sebulan yang lalu, juga tidak berfungsinya sekretariat ABAS di Gampong Pante Pirak Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya.

“Dulu pemekaran provinsi ABAS sempat menjadi informasi hangat bagi masyaraka Abdya, tetapi saat ini tidak lagi, sebab informasi lanjutan tidak jelas dan markas ABAS di Abdya juga selalu tutup,” kata warga.

Terkait dengan hal itu, kepada wartawan, Juru bicara KP3 ABAS Barat Selatan Fadhli Ali SE, membenarkan bahwa isu pemekaran provinsi dimaksud mulai redup di Abdya, akan tetapi itu merupakan bentuk strategi yang dimainkan oleh pihaknya, sebab Abdya berbeda dengan daerah lain.

“Memang sengaja, sebab itu merupakan bagian dari strategi yang sedang kita mainkan, lantaran jika daerah lain pemerintahnya bahu- membahu mendukung terbentuknya pemekaran provinsi ALA-ABAS, sementara di Abdya pemerintahnya menolak,”ungkap Fadhli, Kamis.

Kata Fadhli, jika isu pemekaran provinsi ALA-ABAS dinilai redup oleh sejumlah masyarakat Abdya dari dua indikator yang disebutkan itu, sama sekali tidak benar, dikarenakan tidak semua informasi tentang pemekaran bisa dipublikasikan ke setiap lapisan masyarakat.

“Yakinlah dalam waktu dekat ini, akan ada gebrakan baru yang lebih besar lagi di Abdya, sementara saat ini di Banda Aceh pihaknya sedang melakukan pertemuan dengan para aktivis dan Mahasiswa,”demikian terang Fadhli. (Rizal)

To Top