Sosial

Di Abdya, Guru Di Atas 50 Tahun Umumnya Gaptek

ACEHTERKINI.COM | Jumlah guru PNS di Aceh Barat Daya sebanyak 1.900 lebih tapi masih juga terdapat guru yang dianggap gagap teknologi (Gaptek). Akan tetapi, persentase dari jumlah itu semakin mengecil seiring kerapnya dilakukan pembinaan dan pelatihan terhadap guru dalam penggunaan ilmu teknologi (IT).

“Pastinya guru yang Gaptek itu ada, namun jumlahnya sangat sedikit, karena pelatihan dan bimbingan selalu diberikan kepada mereka, agar mampu menggunakan teknologi ajar,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Abdya Drs Yusnaidi MPd kepada acehterkini, Rabu (25/11/2015).

Di Abdya, Guru Di Atas 50 Tahun Umumnya Gaptek
Ilustrasi 

Umumnya, guru Gaptek itu berasal dari guru yang telah berusia di atas 50 tahun, sebab dengan sejumlah keterbatasan yang mereka miliki menjadi kendala dalam penerapan IT saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Dengan demikian, sudah saatnya para guru yang merasa belum paham dalam menggunakan teknologi ajar agar terus bersemangat untuk belajar memahami kemajuan teknologi, seperti memulainya dengan belajar miscrosoft word, excel dan program lainnya.

“Disdik Abdya terus mengupayakan pembinaan dan pelatihan terhadap guru secara merata dan hal itu telah menunjukkan kemajuan dengan banyaknya guru yang menerapkan sistim pembelajaran dengan menggunakan teknologi ajar saat ini,” ungkap Yusnaidi.

Bertepatan dengan peringatan hari guru nasional ini, Yusnaidi berharap agar para guru terus melakukan perubahan, mulai dari tingkah laku hingga dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebab, kemajuan pendidikan terus berproses mengikuti perkembangan zaman.

Sementara itu, Juniarti Yahya SPd salah satu guru SD di kabupaten setempat secara terpisah mengatakan, belajar bukan hanya menjadi tugas siswa, namun juga menjadi tugas guru.

Menurutnya, para siswa sekarang bisa dikatakan semakin maju dengan beragam teknologi yang mereka kuasai dalam belajar. Begitu juga guru, harus terus mengimbangi perkembangan teknologi dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar di sekolah.

“Tentu saja banyak kemudahan yang didapat oleh seorang guru jika mengajar dengan menggunakan teknologi ajar. Proses belajar mengajar semakin terarah dan menyenangkan,” demikian singkatnya. [by. Rizal]

To Top