Sosial

Badriah Meraih Penghargaan Perempuan Aceh 2015

ACEHTERKINI.COM | Badriah (40) dari Kabupaten Aceh Utara meraih penghargaan Perempuan Aceh Award (PAA) 2015 dari Gerakan Perempuan Aceh di Gedung BKOW, Rabu (25/11/2015).

Alumni SMP Muara Batu, Kabupaten Aceh Utara ini mendapat plakat dan uang pembinaan sebesar Rp10 juta. “Saya sangat bersyukur dan tak menyangka mendapat penghargaan ini,” kata Badriah kepada acehterkini, Rabu sore.

Badriah yang sehari-hari menjadi relawan di Kantor P2TP2A Aceh Utara ini sangat aktif terlibat dalam komunitas perempuan. Ia sering mendampingi kasus-kasus kekerasan yang dialami perempuan di Aceh Utara sejak tahun 2008.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi bagi perempuan lain di Aceh dan terus berkiprah membela kepentingan perempuan,” ujarnya.

Ketua Panitia dari Gerakan Perempuan Aceh, Asiah mengatakan penghargaan kepada perempuan Aceh ini diberikan setiap dua tahun sekali.

Badriah A Thaleb mendapat penghargaan Perempuan Aceh 2015. Kemudian dua nominator adalah Herlina dari Aceh Selatan dan Nurlina dari Aceh Besar.

“Dua nominator ini diberikan sertifikat dan uang pembinaan masing-masing Rp2 juta,” ujar Asiah.

Ketiga pemenang ini, kata Asiah dipilih dari lima orang juri yaitu Adi Warsidi, Yusni Saby, Nursiti, Surayya Kamaruzzaman dan Lailismawati. “Ketiga pemenang ini terpilih dari 28 orang yang mendaftarkan diri,” tambah Asiah.

Kriteria pemenang, kata Mantan Koordinator KontraS Aceh, Asiah Uzia adalah orang yang mendedikasikan hidupnya sebagai pekerja kemanusiaan, berpengalaman menjadi relawan selama tiga tahun dan punya inisiatif sendiri membantu perempuan-perempuan di Aceh. [Edi]

To Top