Layanan Publik

6 Paket Pengadaan di Disdik Abdya Tunggu Hasil Lelang

6 Paket Pengadaan di Disdik Abdya Tunggu Hasil Lelang

ACEHTERKINI.COM | Sedikitnya enam jenis paket pengadaan alat penunjang pembelajaran yang berjumlah miliaran rupiah dibawah naungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sampai saat ini masih menunggu hasil pengumuman lelang.

Pihak Disdik Abdya mengaku kalau semua dokumen kelengkapan proyek tersebut telah diserahkan kepada panitia lelang pada awal November 2015 lalu, sementara perusahaan selaku rekanan pemenang lelang belum diumumkan.

Sarjanuddin, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam sejumlah paket pengadaan itu, Senin (9/11/2015) mengakui kalau panitia lelang (UPL) belum mengumumkan perusahaan pemenang lelang sebagai pihak rekanan yang memenuhi kriteria dalam pengadaan ragam jenis alat penunjang pembelajaran dimaksud.

“Dokumen kelengkapan proyek memang agak terlambat diserahkan kepada panitia lelang, dikarenakan ada sedikit masalah dalam penunjukkan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Namun setelah PPTK ditetapkan, semua dokumen pada 6 November lalu telah kita serahkan ke panitia lelang,”ungkap Sarjanuddin yang juga sebagai Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) pada Disdik Abdya.

Adapun enam paket yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) itu, diantaranya, paket pengadaan alat peraga untuk siswa sekolah dasar (SD) bernilai sekitar Rp2,175 miliar, paket pengadaan alat peraga siswa sekolah menengah pertama (SMP) dengan anggaran sekitar Rp2,31 miliar.

Kemudian paket alat praktek siswa sekolah menengah atas (SMA) senilai Rp2,335 miliar, paket alat laboratorium sekolah menengah kejuruan (SMK) senilai Rp800 juta, paket alat praktek kejuruan senilai Rp1,1 miliar dan paket alat praktek siswa SMK dengan anggaran sebesar Rp2,71 miliar.

Dikatakan Sarjanuddin, pengumuman nama perusahaan pemenang lelang akan disampaikan dalam bulan ini juga. Akan tetapi tanggal pasti penetapan pihak rekanan proyek miliran rupiah ini belum diketahui secara pasti.

Dalam paket pengadaan ini, ada empat pabrik besar penyedia alat penunjang pembelajaran yang dinyatakan lengkap dan telah direkomendasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI diantaranya, PT. Duta Nusantara (Jakarta), PT. Pudak (Bandung), PT. Nusa Bahana Abadi (Jakarta) dan PT.Azimut (Jakarta).

“Saya sudah berkunjung lansung ke tempat pabrik tersebut, alhasil, semua barang yang dibutuhkan lengkap tersedia disana. Kalau pemenang lelang telah ada, rekanan dimaksud bisa langsung menjalin kerja sama dengan salah satu pabrik itu dan semua pengadaan alat itu bisa langsung dikirimkan sesuai dengan kebutuhan yang tercantum dalam kontrak paket,” demikian terangnya. (Rizal)

To Top