Sosial

Waduh, Polisi di Abdya Ngak Diundang Ikut Upacara Kesaktian Pancasila

Waduh, Polisi di Abdya Ngak Diundang Ikut Upacara Kesaktian Pancasila
Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Aceh Barat Daya, 1 Oktober 2015

ACEHTERKINI.COM | Pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila (HKP) di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (1/10/2015) terlihat janggal. Pasalnya, dalam pelaksanaan apel tak terlihat adanya barisan personil di jajaran Polres Abdya.

Sedangkan, personel TNI, Satpol PP dan WH termasuk ratusan pegawai negeri sipil (PNS) dari masing-masing satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) tampak hadir memenuhi barisan yang telah disediakan oleh panitia pelaksana kegiatan dari Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) setempat.

Terkait tidak adanya barisan Polisi dalam upacara itu, Kapolres Abdya AKBP Hairajadi SH, kepada awak media menyayangkan atas tidak maksimalnya persiapan yang dilakukan oleh pihak pelaksana. Seharusnya, seluruh instansi harus diikut sertakan dalam apel ini termasuk personel Polisi.

“Di ruang saya hanya ada undangan pribadi selaku Kapolres Abdya, sedangkan undangan untuk para personel sebagai peserta apel tidak ada. Kalau memang undangan itu ada, tentunya personel kami akan ikut ambil bagian dalam barisan,” ujarnya usai pelaksanaan apel.

Perihal itu ditanggapi dengan serius oleh Pj Ketua Komisi Nasional Pengawasan Aparatur Negara (Komnas Waspan) Abdya, Irfan Faisal SH yang mengaku prihatin dengan kinerja Kesbangpol dan Linmas Abdya selaku panitia pelaksana.

Tindakan tersebut merupakan sebuah bentuk kelalaian dari instansi terkait. Sangat tidak wajar kalau personel Kepolisian di jajaran Polres Abdya tak diikut sertakan, sementara Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari yang terbilang penting dan mengandung banyak makna, apalagi bagi aparat penegak hukum.

“Kesbangpol dan Linmas Abdya harusnya lebih teliti lagi dalam mempersiapkan peringatan yang bersejarah itu. Jelas saja tindakan itu merupakan bentuk kelalaian dan tidak mampu menjalankan amanah serta tanggungjawab dengan baik,” paparnya.

Saat dikonfirmasi wartawan, Kepala Kesbangpol dan Linmas Abdya Azwar mengaku semua undangan untuk setiap instansi telah disebarkan. Namun dia tidak mengetahui secara pasti mengapa personel dari Kepolisian sampai tidak hadir sebagai peserta apel.

“Untuk persoalan undangan ini ditangani langsung oleh staf saya dan menurut laporan semua persiapan apel telah 100 persen termasuk pembagian undangan. Namun saya juga heran, mengapa dalam apel itu personel Polisi tidak ada, nanti akan saya tanyakan kembali dimana letak kesalahannya, agar kelalaian ini tidak terulang dikemudian hari,” singkat Azwar.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Aceh Barat Daya ini yang bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Abdya Erwanto SE MA,  dan bertindak sebagai komandan adalah Kapten Inf Fajar Setyawan yang merupakan Koramil Kuala Batee. [Rizal]

To Top