Layanan Publik

Urusannya Berbelit-Belit, Warga di Abdya Banyak Belum Miliki e-KTP

Urusannya Berbelit-Belit, Warga di Abdya Banyak Belum Miliki e-KTP
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Meskipun pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektonik (e-KTP) tidak dipungut biaya serupiah pun, namun masih banyak warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang belum memiliki e-KTP.

Menurut informasi yang dihimpun wartawan, Rabu (7/10/2015), warga enggan berurusan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Pasalnya syarat-syarat pengurusan e-KTP yang diberikan instansi dimaksud dinilai terlalu mempersulit dan memberatkan warga.

Salah satu syarat yang diwajibkan untuk pengurusan e-KTP itu, harus memiliki tanda setoran wajib pajak bumi dan bangunan.

“Kalau kita numpang di rumah orang lain atau tinggal di rumah tua yang sudah lama ditinggal pemiliknya, darimana bukti setoran pajak itu kita ambil, jadi kan repot,” kata salah seorang warga Abdya saat dijumpai media ini tadi.

Lanjut dia, saat berkas admisnitrasi yang dinilai pihak dinas belum lengkap, ia terpaksa harus bolak-balik dengan jarak kurang lebih 45 kilometer.

Setelah administrasi dianggap lengkap, baru dirinya diarahkan untuk berfoto di kantor kecamatan yang ditunjuk, kemudian kembali lagi ke dinas dimaksud.

“Meskipun gratis, untuk mendapatkan e-KTP banyak hal yang harus ditempuh, mungkin karena hal itulah, malas berurusan,” ujarnya singkat.

Kepala Disdukcapil Abdya, Nyak Seh yang dimintai tanggapannya oleh wartawan, mengakui kalau sejauh ini pihaknya tidak pernah merasa mempersulit warga untuk memiliki e-KTP.

Masalah syarat-syarat memang wajib dipenuhi agar tidak terbentur dengan aturan yang ada.

“Tak ada yang dipersulit. Disamping itu kita juga menghimbau agar e-KTP diurus sendiri, jangan melalui calo, karena pengurusannya gratis asal melengkapi syarat administrasi,” ungkapnya.

Nyak Seh menjelaskan, jumlah penduduk Abdya keseluruhan sebanyak 153.489 jiwa, laki-laki 77.725 jiwa dan perempuan 75.764 jiwa. sementara yang sudah wajib KTP untuk laki-laki 51.889 jiwa dan perempuan 52.416 jiwa, total wajib KTP 104.305 jiwa.

Akan tetapi, Nyak Seh mengaku kalau, pihaknya belum mengetahui secara pasti berapa persen warga Abdya yang sudah memiliki atau yang belum memiliki e-KTP.

Alasannya proses pendataannya harus dengan turun ke desa-desa. Setelah direkap baru diketahui persentase warga yang sudah memiliki dan yang belum menerima e-KTP. [Rizal]

To Top