Ekonomi

Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Abdya Data Ulang Alsintan

Tingkatkan Produksi Padi, Pemkab Abdya Data Ulang Alat Alsintan
Alat Mesin Pertanian Tanam Padi  [Ilustrasi] 

ACEHTERKINI.COM | Dalam rangka meningkatkan produksi padi di Kabupaten Aceh Barat Daya, pemerintah setempat akan melakukan pendataan ulang Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Wakil Bupati Abdya, Erwanto mengatakan, persoalan air dan ketersedian handtraktor masih belum mencukupi dari jumlah lahan basah sekitar 8.904 hektar dan lahan kering sebanyak 13.808 hektar.

“Langkah yang akan dilakukan Pemkab Abdya adalah dengan melakukan pendataan ulang keberadaan Alsintan di seluruh wilayah Abdya,” kata Erwanto dalam musyawarah antara petani dan Pemkab serta Kodim 0110 di Aula Serba Guna, Kecamatan Susoh, Kamis (22/10/2015).

“Dengan pendataan ulang Alsintan itu, sehingga nantinya akan diketahui berapa unit alat yang masih layak untuk difungsikan dan berapa unit yang harus dilakukan perbaikan,” ujar Erwanto.

Kekurangan Alsintan di Abdya juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya, Maswadi.

Dikatakan Maswadi, segala kebutuhan untuk menyukseskan program tanam serentak itu telah dipersiapkan dengan matang, mulai dari pengadaan bibit, pupuk hingga alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan Alsintan masih belum tercukupi berdasarkan luas areal persawahan di Abdya begitu juga dengan qouta pupuk yang ditetapkan Gubernur Aceh.

Namun, pihaknya akan mengupayakan agar ketersediaan Alsintan dan pupuk dapat terpenuhi sebagaimana mestinya.

Menurut rencananya, jadwal tanam padi serentak pada musim tanam rendengan akan dilalukan pada Desember 2015 mendatang.

“Penetapan jadwal tanam serentak itu merupakan hasil kesepakatan para petani dalam sembilan kecamatan di Abdya. Dimana proses penggarapan lahan mulai dilakukan dan proses penyemaian benih dijadwalkan pada pertengan November mendatang,” Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Abdya, Maswadi. [Rizal]

To Top