Sosial

Tgk. Muhar : Aneh, Kok LSM Luar Campuri Urusan Aceh

Tgk. Muhar : Aneh, Kok LSM Luar Campuri Urusan Aceh
Tgk. Muharuddin    

ACEHTERKINI.COM | Ketua DPR Aceh, Tgk. Muharuddin mengaku heran jika ada kelompok sipil di luar Aceh ingin mencampuri hal-hal yang berkaitan dengan bentuk kewenangan dan kekhususan Aceh.

Hal ini dikatakan Tgk Muhar menanggapi adanya pihak sipil di luar Aceh yang akan menggugat Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat.

“Yang perlu digarisbawahi adalah Qanun Hukum Jinayat ini hanya berlaku untuk orang Muslim karena mayoritas penduduk Aceh beragama Islam. Lagipula sistem penerapannya juga tidak pernah merugikan warga Aceh yang non-Muslim, bahkan mereka (non Muslim-red) merasa nyaman tinggal di Aceh,” ujar Tgk Muhar saat melaksanakan reses di wilayah Aceh Utara, Sabtu (3/10/2015).

Politisi muda dari Partai Aceh ini menjelaskan, pemberlakuan Qanun Aceh No 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat ini dilakukan pembahasan panjang antar tim pemerintah Aceh dan DPRA, SKPA terkait serta tenaga ahli.

Pasalnya, kata Tgk Muhar lagi, apabila qanun ini dilakukan yudicial review maka masyarakat Aceh akan tersakiti dan tidak tertutup kemungkinan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan hilang.

“banyak unsur yang dilibatkan saat pembahasan qanun tersebut dan semua setuju kalau qanun ini berlaku dan diterapkan di Aceh,” ujarnya lagi.

“LSM itu berdiskusilah dulu bersama Pemerintah Aceh dan DPRA sebelum melakukan yudicial review, inilah sebuah terobosan positif sehingga nantinya pihak eksekutif maupun DPRA mendapat masukan agar qanun tersebut dapat diterima oleh segenap lapisan masyarakat di bumi Syariat Islam ini,” terang Tgk. Muharuddin. [Red]

To Top