Sosial

Terlambat Mencegah Amuk Massa di Singkil ? Ini Kata Kapolda Aceh

Terlambat Mencegah Amuk Massa di Singkil ? Ini Kata Kapolda Aceh
Kapolda Aceh, Irjen Pol. Husein Hamidi

ACEHTERKINI.COM | Terlambatnya penanganan yang dilakukan pihak keamanan dalam mencegah amuk massa hingga terbakarnya satu unit rumah ibadah umat Kristen di Suka Makmur, Aceh Singkil, Selasa (13/10/2015) menimbulkan pertanyaan warga.

Sejumlah warga mengaku heran kenapa amuk massa tidak bisa dicegah padahal pesan singkat melalui SMS sudah beredar akan ada aksi massa yang akan menertibkan rumah ibadah pada 13 Oktober 2015.

Bahkan Dandim Aceh Singkil juga sudah menerima “pesan gelap” sebelum massa melakukan aksinya. Dandim langsung mengerahkan personilnya untuk mengamankan rumah ibadah di Aceh Singkil.

Kapolda Aceh, Irjen Pol, Husein Hamidi mengatakan jumlah massa terlalu banyak daripada jumlah pihak keamanan.

“Begini, undung-undung tersebar di seluruh Aceh Singkil, kita sudah melakukan penempatan anggota. Saat kejadian itu anggota Polri sudah ada, namun jumlah massa lebih banyak,” ujar Husein Hamidi, Rabu (14/10/2015) di Aceh Singkil.

Kapolda Aceh mengajak semua pihak menahan diri dan menjaga situasi tetap kondusif. “Kita tetap melakukan pengamanan terhadap rumah ibadah di Aceh Singkil,” ujarnya.

Dulu ada kesepakatan tahun 1979 sampai dengan 2001. Ada satu gereja dan empat undung-undung. Kemudian semakin lama makin berkembang.

Masyarakat minta itu ditertibkan, sampai saat ini belum ada tindakan apa-apa sehingga masyarakat melakukan unjuk rasa minta ditertibkan.

Selanjutnya Pemerintah Aceh Singkil bersama muspida sudah mengambil langkah menertibkan 10 rumah ibadah yang dinilai belum ada izin melalui kesepakatan bersama, 12 Oktober 2015 malam.

Penertiban tersebut akan dilakukan pada Senin, 19 Oktober 2015 besok. “Tapi ada kelompok yang tidak sabar, seharusnya ini tidak boleh,” ujar Kapolda.

“Alhamdulillah, sekarang sudah mulai kondusif, kita sekarang bagaimana menjaga agar keamanan di Kabupaten Aceh Singkil terjaga dengan baik,” harap Kapolda Aceh, Irjen Pol. Husein Hamidi. [Jamaluddin]

To Top