Sosial

Terima SMS Gelap, Dandim Aceh Singkil Siapkan Personel Amankan Gereja

Dandim 0109 Aceh Singkil Siapkan Personel Amankan Geraja
Ilustrasi 

ACEHTERKINI.COM | Komandan Distrik Militer (Dandim) 0109 Aceh Singkil, Letkol Arm Arif Sjaerozi mengaku telah mensiagakan seluruh personelnya untuk menjaga rumah ibadah non muslim di Aceh Singkil.

Menurutnya, tindakan itu dilakukan sejak hari Kamis (8/10/2015) atas perintah Komandan Korem Teuku Umar, sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atas aksi demo ratusan Pemuda Pemudi Islam Aceh Singkil yang memberi waktu 7 hari untuk tindakan penanganan penertiban rumah ibadah.

“Ini juga terkait adanya pesan singkat yang saya terima, yang isinya, berdasarkan kesepakatan umat muslim untuk berkumpul di tugu lipat kajang dan mempersenjatai diri untuk membongkar gereja dengan peralatan perang, Selasa 13 Oktober,” Ucap Arif sambil membacakan bunyi SMS tersebut.

Dalam pertemuan yang digelar dalam Rapat Koordinasi antara FKUB dan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil di Oproom Kantor Bupati setempat, Kamis (8/10/2015) menindak lanjuti tuntutan pembongkaran rumah ibadah non Muslim, Dandim mengharapkan agar pemerintah bijak dalam mengambil tindakan cepat dan tetap mengutamakan kebebasan dalam beragama.

“Namun tetap berpedoman kepada aturan-aturan yang ada baik Pergub, maupun SKB dua Menteri,” ujarnya.

Kesempatan itu, Wakil Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengharapkan kepada pendeta pengurus FKUB agar menghimbau jemaatnya untuk sementara pembangunan atau rehab rumah ibadah jangan dulu dilanjutkan.

“kalau bisa disarankan tutup sementara, sambil menunggu izin,” ujarnya.

Pendeta Erde Berutu salah satu anggota FKUB Kabupaten Aceh Singkil, mengakui izin yang ada untuk rumah ibadah mengacu pada perjanjian tahun 1979 dan tahun 2001 hanya berjumlah 1 Gereja dan 4 undung-undung.

“Tapi kami sudah beranak-pinak didaerah ini sehingga tidak lagi memadai.” kata Erde.

Sekretaris Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Rahmanudin menyebutkan Gereja di Aceh Singkil berjumlah 24 unit. Sedangkan umat kristiani  berjumlah 15.536 orang. [by. Jamaluddin]

To Top