Layanan Publik

SPAM-IKK Tidak Berfungsi, Abdya akan Bentuk PDAM

SPAM-IKK Tidak Berfungsi, Abdya akan Bentuk PDAM
[Teks Foto : SPAM-IKK Lembah Sabil di Desa Kaye Aceh sejak beberapa bulan terakhir tidak berfungsi, sehingga warga setempat terpaksa harus mengkonsumsi air sungai. by. Rizal] 

ACEHTERKINI.COM | Sistem Penyediaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM-IKK) yang berada di beberapa titik dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) sejak selesai dibangun hingga saat ini tidak berfungsi, sehingga masyarakat banyak yang mengeluh dan belum bisa memanfaatkannya.

Sejumlah SPAM-IKK yang tidak berfungsi tersebut, seperti SPAM-IKK yang terletak di kawasan kepala jembatan Babahrot, Desa Pante Rakyat, kemudian SPAM-IKK Blangpidie di Desa Mata Ie dan SPAM-IKK Lembah Sabil di Desa Kayee Aceh.

“Semestinya dengan berfungsinya sejumlah SPAM-IKK itu, akan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk ribuan masyarakat di Abdya,” kata Usman warga Kecamatan Lembah Sabil, Senin (12/10/2015).

Akan tetapi, lanjut Usman, sejak beberapa bulan terakhir ini, SPAM-IKK Lembah Sabil tidak berfungsi akibat hangusnya kabel pada mesin pompa air. Sedangkan SPAM-IKK Babahrot dan SPAM-IKK Blangpidie telah bertahun-tahun tidak pernah difungsikan karena kabel jaringan mesinnya hilang.

Sementara itu, Umar warga Kecamatan Babahrot, sangat prihatin dengan bangunan dan alat yang bernilai miliaran rupiah itu yang juga belum difungsikan, sehingga pembangunannya terkesan mubazir, sebab sama sekali belum bisa mensuplai kebutuhan air bersih ke rumah-rumah warga.

Dari informasi yang diperoleh, sejumlah SPAM di lokasi lain juga tidak berfungsi dengan baik. Seperti SPAM Intake Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa  dengan sistim grafitasi yang dibangun Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) tahun 2007, Intake Tangan-Tangan dan Intake Manggeng juga sesekali tidak berfungsi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abdya, Rahwadi didampingi Pengelola UPTD SPAM Abdya, Zulfikri membenarkan kalau SPAM-IKK yang berada di beberapa lokasi itu tidak berfungsi.

Kemudian Kabel jaringan pada SPAM-IKK Babahrot dan SPAM-IKK Blangpidie raib digondol maling, sehingga mesin tidak dapat berfungsi, begitu juga SPAM lainnya yang terkendala dengan kurangnya debit air serta jaringan yang kurang bagus serta ada mesin yang kabelnya hangus.

Namun pihaknya mengharapkan agar masyarakat tetap bersabar, sambil menunggu kelengkapan dokumen pembentukan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk mengelola sejumlah SPAM-IKK yang sudah dibangun itu. Sebab dasar hukum pembentukan PDAM sudah ada, yaitu Qanun Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pembentukan PDAM Ie Di Kila.

“Saat ini sedang dalam proses pembentukan PDAM, tujuannya agar pengelolaan SPAM-IKK ini optimal, jadi tidak lagi bernaung di Dinas PU Abdya,” demikian singkatnya. (Rizal)

To Top