Sosial

PT. Semen Indonesia Akan Bangun Pabrik di Pidie

PT. Semen Indonesia Akan Bangun Pabrik di Pidie

ACEHTERKINI.COM | PT Semen Indonesia (Persero) Tbk berencana untuk membangun pabrik semen di Pidie, Aceh. Dalam merealisasikan rencana tersebut perusahaan semen milik negara tersebut saat ini tengah mencari partner dan sedang melakukan penjajakan dengan satu perusahaan lokal untuk membuat joint venture (JV) pembangunan pabrik.

Direktur Utama Semen Indonesia Suparni mengatakan, dalam JV itu pihaknya bertekad untuk menjadi pemegang saham mayoritas.

“Potensi ke sana ada dan akan kerja sama dengan perusahaan lokal sana. Dia yang punya lahan. Saat ini sedang studi teknis, seperti komposisi, visibility study dan lain-lain. Kalau semua aspek lingkungan, bisnis dan legal sudah ada titik temu kami akan sampaikan. Kita akan jadi mayoritas lah,” katanya seperti dilansir dari Gatra, Jum’at (30/10/2015).

Suparni mengungkapkan, pabrik yang berlokasi di Pidie, Aceh tersebut, akan memiliki kapasitas mencapai sebesar 3 juta ton.

Untuk membangun pabrik, Suparni menyebutkan, pihaknya menganggarkan dana sebesar US$120 ribu per ton. Artinya, untuk membangun pabrik dengan kapasitas 3 juta ton per tahun, perseroan harus mengeluarkan dana investasi mencapai sekitar US$360 juta

“Investasi untuk 3 juta ton akan dikisaran US$120 per ton plus infrastruktur. Kalau ada pelabuhan Pelindo ya syukur, kalau tidak kami buat sederhana. Power plant kami akan kerja sama. Kami fokus ke semennya saja,” kata Suparni.

Ia memperkirakan, pabrik tersebut akan mulai dibangun pada tahun 2016 mendatang. Pabrik ini akan digunakan untuk memenuhi permintaan semen di Sumatera bagian Timur, dan tidak menutup kemungkinan akan diekspor ke negara-negara yang berada di kawasan Asean.

“Start-nya tahun depan. Ini akan bantu pasar Asean dan Sumatera Timur,” jelasnya. [Sad]

To Top