Layanan Publik

PPI Ujong Serangga Kotor, DKP Abdya Dinilai Tutup Mata

PPI Ujong Serangga Kotor, DKP Abdya Dinilai Tutup Mata
PPI Abdya Terlihat Kotor dan Tidak Terawat, Foto Rabu, 21 Oktober 2015 [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Lokasi Kompleks Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Ujong Serangga, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terlihat kotor dan memprihatinkan. Hal itu terbukti dengan banyaknya sampah-sampah berserakan hampir di setiap sudut PPI.

Padahal dilokasi tersebut, banyak masyarakat yang berdatangan untuk membeli ikan, disamping itu lokasi PPI Ujong Serangga juga sebagai tempat bernaungnya para nelayan dan pedagang yang berjualan dilokasi tersebut.

Tumpukan sampah berserakan di saluran air dan seputaran jalan kompleks PPI Ujung Serangga. Ironisnya kondisi seperti itu hanya menjadi tontonan bagi mereka yang melakukan aktivitas jual beli ikan dan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Abdya yang juga berkantor dalam kompleks dimaksud.

Samsul warga Kecamatan Susoh yang ditemui wartawan usai membeli ikan di kawasan itu mengaku prihatin dan risih dengan kondisi PPI Ujong Serangga yang jauh dari kesan kebersihan. Padahal, uang restribusi setiap hari selalu dikutip oleh petugas kepada setiap pedagang ikan yang keluar dari kompleks tersebut. Parahnya lagi instansi terkait terkesan menutup mata dan hidung dengan kondisi PPI yang terlihat kumuh tersebut.

“Sampah berserakan dimana-mana, bahkan hingga ke dalam saluran air. Namun hingga sekarang belum ada upaya sedikit pun dari dinas terkait dalam menanggulangi persoalan kebersihan ini,”ungkapnya.

Hal yang sama juga diutarakan Amin warga Kecamatan Blangpidie yang hampir setiap hari sudah menjadi langganan membeli ikan di PPI tersebut.

“Kami harapkan dinas terkait dapat berperan aktif, seperti memberikan sosialisasi kepada nelayan dan pedagang agar tidak mengotori PPI Ujung Serangga ataupun dengan upaya lain. Tujuannya adalah untuk kebersihan dan kenyamanan pengunjung yang datang,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala DKP Abdya, Muslim yang dihubungi wartawan melalui saluran seluler belum bisa memberikan keterangan terkait kondisi PPI Ujong Serangga yang dipenuhi sampah, karena sedang ada pertemuan. “Maaf, saya sedang ada kegiatan sekarang, nanti saja ya,” kata Muslim sambil memutuskan saluran seluler. (Rizal)

To Top