Sosial

Pondok Pesantren di Abdya Terima Bantuan Bibit Mangga

Pondok Pesantren di Abdya Terima Bantuan Bibit Mangga
Penanaman bibit mangga unggul secara simbolis di lokasi Ponpes Asyafiiyah Desa Pante Rakyet Kecamatan Babahrot, Senin (26/10/2015). 

ACEHTERKINI.COM | Sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) dalam Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan bibit mangga unggulan varietas Harum Manis dan Malaba yang disalurkan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Abdya, Senin (26/10/2015).

Kepala Distannak Abdya, Maswadi menyebutkan, jumlah bibit yang disalurkan sebanyak 2.740 batang bersumber dari dana APBK Abdya tahun 2015 dengan jumlah Rp193 juta.

Penanaman bibit mangga unggul itu, disamping sebagai penghijauan, juga  mengurangi dampak pemanasan global yang terjadi saat ini.

“Jika banyak orang menanam pohon, maka kebutuhan oksigen akan terpenuhi, penanaman kembali hutan gundul juga dapat mengurangi efek pemanasan global,” terangnya.

Tanaman mangga tersebut akan memberikan banyak manfaat bagi kalangan pesantren, selain dapat mengurangi pemanasan global, juga dapat membantu meringankan biaya pengeluaran pihak pesantren. Sebab, tidak lebih dari tiga tahun, mangga dimaksud sudah berbuah dan memasuki masa panen.

“Tanaman mangga itu kami berikan, semoga akan banyak manfaat yang didapat oleh para santri diantaranya mampu menciptakan udara yang segar serta dapat membantu kehidupan para santri di pesantren,” tuturnya.

Tgk Abu Bakar Al-Bayani, selaku Pimpinan Ponpes Asyafiiyah, Desa Pante Rakyat, Kecamatan Babahrot memberikan apresiasi kepada Pemkab Abdya dalam hal ini Distannak setempat yang telah membantu pihak pesantren dengan menyalurkan bibit mangga unggulan.

Menurutnya, tanaman pada dasarnya akan menyerap air hujan, dengan demikian, banyaknya pohon-pohon seperti mangga ini akan menjadikan kawasan Ponpes sebagai daerah resapan atau persediaan air tanah yang dapat memenuhi kehidupan bagi manusia dan makhluk lainnya.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan bibit mangga unggulan ini, karena memiliki banyak manfaat,” tuturnya singkat.

Pantauan di lapangan, selain dihadiri Kadistannak Abdya, pembagian bibit mangga unggulan di setiap Ponpes tersebut dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Setdakab Abdya, M.Nafis A Manaf, Kasdim 0110/Abdya Mayor Inf Kristanto, unsur Mupika setia kecamatan dan disaksikan para pengurus Ponpes. (Rizal)

To Top