Ekonomi

Kebun Kopi Arabica di Gayo Terbesar di Indonesia

Kebun Kopi Arabica di Gayo Terbesar di Indonesia
Teks Foto : Iskandar (baju putih) bersama Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, 12 Oktober 2015. 

ACEHTERKINI.COM | Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh, Iskandar mengatakan dataran tinggi gayo mempunya lahan kopi terbesar di Indonesia bahkan di Asia.

Menurutnya tanah tinggi gayo memiliki 110 ribu hektar lahan kebun untuk kopi Arabica yang dimanfaatkan untuk produktifitas maupun kualitasnya.

Hal itu dikatakan Iskandar saat melakukan pertemuan dengan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, Senin (12/10/2015).

Pertemuan itu merupakan rangkaian persiapan dalam rangka menyambut kedatangan Tim Specialty Coffee Association Europe (SCAE) ke Aceh Tengah pada 15-21 November 2015 mendatang.

Kunjungan tim SCAE tersebut sebagai tindak lanjut dari kunjungan delegasi Aceh yang terdiri dari Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, Bupati Bener Meriah, Ruslan Abd Gani dan beberapa rombongan lainya ketika menghadiri Expo Kopi Dunia di Gothenburg Swedia pada bulan Juni 2015 lalu.

Tidak hanya itu, pertemuan antara Kepala Badan Investasi dan Promosi Aceh dengan Pemerintah Bener Meriah dan Aceh Tengah ini juga membahas kunjungan Duta Besar RI di Budhapest pada akhir Oktober.

“Di Hungaria ada perusahaan kopi besar yang selama ini mendatangkan kopi dari Vietnam, dan kebetulan Dubes RI di Budapest mendapatkan informasi tentang kopi Gayo, sehingga beliau berkeinginan berkunjung, bahkan bukan tidak mungkin untuk membuka peluang pasar kopi Gayo ke Eropa tengah,” jelas Iskandar

Pertemua itu juga sekaligus membicarakan rencana keikutsertaan delegasi Aceh dalam promosi Kopi Gayo di Atalanta Georgia Amerika Serikat pada bulan April 2016 mendatang. [Red]

To Top