Sosial

Festival Leuser Agara Resmi Dibuka

Ali Basrah Membuka Secara Resmi Festival Leuser Agara, 21 Oktober 2015

ACEHTERKINI.COM | Wakil Bupati Aceh Tenggara (Agara) H. Ali Basrah secara resmi membuka Festival Leuser Agara yang mulai dilaksanakan Rabu, (21/10/2015) di Stadion Lapangan Pemuda Komplek Pelajar.

Ali Basrah mengatakan, sebelumnya kegiatan ini bernama Festival Seni dan Budaya. Pada Tahun 2015 ini namanya kita rubah menjadi “Festival Leuser Agara” dengan tujuan agar masyarakat internasional dan nasional lebih dekat mengenal Leuser.

“Selamat mengikuti event ini, sehingga kita bisa menunjukkan bahwa bumi Sepakat Segenep ini mempunyai seni dan budaya yang kalah dengan daerah lain,” ujar Ali Basrah.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Aceh Tenggara, Bahagia Waty mengatakan, Festival Leuser Agara ini dilaksanakan mulai tanggal 21-25 Oktober 2015.

Dalam event ini ada tiga kegiatan diantaranya  pergantian nama dari Festival Seni Budaya menjadi “Festival Leuser Agara” yang seyogyanya dapat digelar setiap tahun.

“Nama leuser diambil karena Gunung Leuser yang kini telah menjadi warisan dunia terletak di Aceh, dan Sumatra Utara,” ujarnya.

Perlombaan yang dilaksanakan yaitu Festival Drum Band, Festival Seni dan Budaya dan Rafting Open Championship “Alas River” 2015.

Sebelumnya pada tanggal (19/10/2015) telah di buka perlombaan arung jeram, yang dihadiri peserta dari Negara Malaysia juga dari dalam negeri.

Festival Leuser tahun 2015 ini dilaksanakan sebagai moment untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di Aceh Tenggara.

Dijelaskannya, dalam Festival Drum Band yang dilaksanakan pada even Festival Leuser ini diikuti 21 grup marching band dari Aceh dan Sumatera Utara.

Sedangkan untuk lomba lagu daerah diikuti 150 orang peserta, termasuk didalamnya lomba Nasyid Rebana yang diikuti 30 grup. [Dinni]

To Top