Layanan Publik

Dinkes Abdya Bimtek ke Bali. LSM: Hanya Menghamburkan Uang

Dinkes Abdya Bimtek ke Bali. LSM: Hanya Menghamburkan Uang
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Lembaga Atjeh Internasional Development (AID) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menyorot keberangkatan sejumlah Kepala Puskemas ke Provinsi Bali dalam rangka Bimbingan Teksnis (Bimtek).

Direktur AID Abdya Thaifa Herizal ST, dalam keterangan tertulis kepada awak media, Jum’at (16/10/2015) menjelaskan bahwa, keberangkatan kepala dan bendahara Puskesmas dibawah naungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Abdya itu dinilai salah sasaran dan hanya menghambur-hamburkan uang daerah semata.

Menurutnya, andai itu perlu dilakukan, tidak harus melibatkan jumlah orang begitu banyak yakni sekitar 30 orang, dan kenapa mesti harus ke Bali.

“Bintek memang perlu, tapi kenapa tidak ke jombang atau jepara yang sudah pernah mendapat penghargaan sebagai Puskesmas terbaik se-Indonesia dalam kategori pelayanan dan Promkes. Kenapa malah yang dipilih Bali, ada apa ini ?,” ucap Thaifa.

Namun ia berharap keberangkatan sejumlah kepala Puskesmas pada Senin (12/10/2015) lalu itu, benar-benar dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak terkesan hanya sekedar jalan-jalan ke bali.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Abdya Martunis MKes yang di hubungi terpisah, membenarkan bahwa pihaknya sedang berada di Bali dalam rangka Bimtek.

“Benar ada 12 Kepala Puskemas yang mengikuti Bimtek di Bali selama 4 hari, anggaranya ditanggung masing-masing Puskesmas” terangnya.

Dikatakan Martunis, keberangkatan ke Bali bukanlah keinginan dari dinas terkait melainkan sudah di tetapkan oleh panitia setempat.

“Jangan di ambil sisi negatifnya, memang pelaksanaanya sudah di Bali dan telah di tentukan oleh panitia disana,” demikian Martunis. (Rizal)

To Top