Lingkungan

Cegah Abrasi, Kantor Lingkungan Hidup Abdya Tanam Ribuan Pohon

Cegah Abrasi, Kantor Lingkungan Hidup Abdya Tanam Ribuan Pohon
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Untuk menyelamatkan tebing sungai agar terhindar dari terjangan arus air, Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menanam ribuan bibit pohon Jengkol, Sukun dan Ara (buah tin).

Kepala BLHKP Abdya, Ir Adian Nur, Sabtu (31/10/2015) menyebutkan, jumlah bibit pohon produktif yang disediakan sebanyak 4000 batang, diantaranya 3000 batang bibit sukun, 500 batang bibit jengkol dan 500 batang bibit ara.

“Keseluruhan bibit akan disalurkan langsung kepada kelompok masyarakat di Dusun Lhok Bate Intan, Desa Padang, Kecamatan Manggeng,” ungkapnya.

Bibit pohon itu akan ditanam sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Krueng Manggeng, mulai dari kawasan Dusun Lhok Bate Intan Desa Padang, hingga ke kawasan Desa Kedai, Kecamatan Manggeng. Dengan jarak tanam mencapai 8 meter.

Menurutnya, dampak dari mengganasnya abrasi sungai pasti akan membuat warga yang tinggal di sekitar DAS Krueng Manggeng menjadi resah, sebab jika tebing sungai mulai terkikis air, maka bangunan rumah juga akan menjadi incaran abrasi. Oleh karena itu, salah satu upaya dalam mencegah terjadinya abrasi sungai adalah dengan cara menanam pohon yang memiliki akar kuat disepanjang DAS.

“Untuk mengatasi itu semua, kami menyiapkan ribuan bibit pohon produktif ini yang menelan anggaran sekitar Rp.180 juta bersumber dari APBK Perubahan 2015 sebagai upaya pencegahan,” tambahnya.

Ribuan tanaman itu tidak serta merta langsung diserahkan kepada kelompok masyarakat penerima, namun BLHKP Abdya juga memfasilitasi program penanaman ribuan bibit tanaman itu dengan menyediakan pupuk, biaya penanaman, pembuatan pagar tanaman hingga pengawasan di lapangan.

“Pengawasan tetap dilakukan, jangan sampai penyaluran bibit tanaman ini disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya singkat. (Rizal)

To Top