Ekonomi

Buruh Aceh Minta Gubernur Tetapkan UMP Rp2,3 Juta

Buruh Aceh Minta Gubernur Tetapkan UMP Rp2,3 Juta

ACEHTERKINI.COM | Para buruh di Aceh menuntut Gubernur Aceh, Zaini Abdullah menetapkan angka Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2016 sebesar Rp2.375.000 per bulan.

Wakil Ketua Aliansi Buruh Aceh, Habibie Inseun mengatakan tuntutan tersebut akan disampaikan dalam aksi buruh, Selasa 20 Oktober 2015 besok serentak secara nasional.

Kepada acehterkini, Senin (19/10/2015), Habibie mengatakan, aksi yang akan dilakukan serentak secara nasional ini juga menyampaikan penolakan RPP pengupahan yang menjadi salah satu paket kebijakan ekonomi jilid IV Presiden RI, Joko Widodo.

Menurutnya RPP itu sangat merugikan para pekerja dimana kenaikan upah minimum hanya berdasarkan inflasi dan PDB, sementara peran serikat pekerja di dalam dewan pengupahan menjadi tidak ada karena formula upah sudah ditentukan. “Ini sangat merugikan para pekerja<’ terang Habibie.

Ia menambahkan Aliansi Buruh Aceh akan menyuarakan UMP Aceh 2016 dapat ditetapkan menjadi Rp2.375.000 atau sama dengan naik 25 persen dari UMP tahun sebelumnya.

“Kami akan suarakan gaji guru honor dan guru kontrak harus sesuai dengan nilai UMP Aceh. Kami tidak ingin ada mendengar gaji guru honor sebesar Rp400 ribu di Aceh,” tegas Habibie. [Red]

To Top