Nasional

Bangun Jalur Kereta Api Aceh – Lampung Butuh Rp50 Triliun

Bangun Jalur Kereta Api Aceh – Lampung Butuh Rp50 Triliun

ACEHTERKINI.COM | Proyek pembangunan jalur kereta api Trans Sumatera diestimasi akan menghabiskan dana mencapai Rp50 triliun dalam masa 4 tahun.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyampaikan seluruh dana investasi berasal dari anggaran penerimaan dan belanja negara (APBN).

Dia berharap, pembangunan proyek akan selesai pada akhir masa pemerintahan 2019 mendatang.

“Kalau misalnya mau dikerjakan semua dari Banda Aceh sampai Lampung kira-kira total Rp50 triliun. Harapannya jadi 2019 kalau tanahnya tersedia,” ujarnya seusai melakukan peninjauan pembangunan jalur kereta api Bandara Internasional Minangkabau, Sabtu (10/10/2015).

Kendati memasang target penyelesaian, Ignasius Jonan enggan memastikan waktu pembangunan fisik (groundbreaking) megaproyek yang menghubungkan wilayah timur Sumatera sepanjang 1.377 kilometer (km) tersebut.

Pemerintah sudah mulai melakukan pembebasan lahan sebagai tahap awal pembangunan. Nantinya, pemerintah baru akan memulai pembangunan jika lahan yang dibutuhkan tersedia.

“Kalau sudah kelihatan fisiknya lebih jelas mungkin nanti presiden yang akan grounbreaking,” tuturnya.

Sebagai tahap awal, pemerintah sudah mengerjakan jalur kereta api Binjai-Besitang sepanjang 70 km yang diproyeksi selesai tahun depan. Lokasi untuk pembangunan jalur kereta sebenarnya sudah ada sudah ada, tetapi perlu direaktivasi karena telah lama tak dipergunakan.

“Panjangnya jalur Binjai-Besitang sekitar 70 km, sudah dikerjakan, tahun depan selesai,” tutupnya. [sp]

To Top