Nasional

Atasi Kebakaran Hutan dan Kabut Asap, Amerika Bantu 2,75 Juta USD

ACEHTERKINI.COM | Duta Besar AS untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr. mengatakan, Amerika Serikat akan memberikan bantuan awal sejumlah 2,75 juta dollar AS untuk mendukung upaya Indonesia mengatasi dampak kebakaran hutan dan kabut asap.

“Bantuan ini merupakan bagian dari upaya Amerika Serikat secara lebih luas untuk mendukung upaya Indonesia dalam menanggulangi kebakaran hutan dan menekan dampaknya terhadap kesehatan manusia,” kata Robert O Blake dalam siaran tertulisnya melalui US Consulate Medan, Selasa (27/10/2015).

Kemitraan AS dengan Pemerintah Indonesia ini akan diwujudkan dalam bentuk bantuan secara langsung kepada masyarakat yang terkena dampak kabut dan asap.

Paket bantuan senilai 2,75 juta dollar AS dari Amerika Serikat itu dari dari Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) untuk membantu Pemerintah Indonesia meningkatkan kemampuan pusat pelayanan kesehatan dalam menangani penyakit gangguan pernapasan akibat kabut asap.

Dana ini akan disalurkan melalui USAID untuk urusan Bantuan Bencana di Luar Negeri (OFDA) melalui Palang Merah Amerika kepada Palang Merah Indonesia.

Dana itu juga untuk menyediakan perlengkapan dan peralatan pelindung bagi kru pemadam kebakaran di lapangan di provinsi-provinsi yang terkena dampak terburuk akibat kebakaran hutan.

Tim penasihat teknis dari Dinas Kehutanan AS akan tiba di Indonesia minggu ini untuk memberikan bantuan pemadaman api di hutan.

Tim ini akan membawa perlengkapan tambahan pemadaman api berupa baju pelindung terhadap api, serta membantu koordinasi pemadaman, cara mendeteksi api jarak jauh, dan pengambilan gambar. [Red]

To Top