Lingkungan

Antisipasi Kabut Asap, Pemkab Abdya Bagi 10 Ribu Masker

Antisipasi Kabut Asap, Pemkab Abdya Bagi 10 Ribu Masker
Salah Seorang staf BPBK Abdya membagikan masker kepada pengguna jalan sejak Jum’at hingga Minggu besok. [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Ribuan masker dibagikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) kepada para pengguna jalan, pelajar dan masyarakat setempat yang berlangsung di Jalan Persada dan kawasan Pasar kota Blangpidie, Jum’at (9/10/2015).

Pembagian masker tersebut guna mengantisipasi terjadinya dampak buruk akibat imbas kabut asap kiriman dari provinsi lain yang terus menyelimuti Kabupaten Abdya dan sekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Abdya, Martunis Mkes, mengatakan kalau, pihaknya bersama dengan instansi terkait yakni Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) dan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) baru bisa menyalurkan sebanyak 10 Ribu lembar masker, dikarenakan persediaan masih sangat terbatas.

“Kita juga akan bagikan setiap kecamatan yang ada di Abdya, namun kita masih menunggu masker bantuan dari Provinsi Aceh. Oleh karenanya kita baru mampu membagikan masker itu di wilayah kecamatan Blangpidie dan sekitarnya kepada para pengguna jalan,”ungkapnya.

Kemudian, lanjut Martunis, selama tiga hari berturut-turut pihaknya bersama dengan instansi lainnya terus melakukan pembagian masker dengan stok yang tersedia.

“Hari ini, Sabtu sampai dengan Minggu kita akan terus membagikan masker dengan jumlah stok yang ada,” sebutnya singkat.

Hal yang sama juga diutarakan, Kepala BLHKP Abdya, Ir Adian Nur, dimana pembagian ribuan masker itu juga dibantu oleh jajaran Kodim 0110/Abdya.

“Pembagian masker ini karena gangguan udara memang sudah terlihat mengkhawatirkan, dan sebagai langkah antisipasi gangguan pernafasan terutama bagi pengguna jalan raya, pelajar hingga masyarakat,”tuturnya.

Dinilai Tidak Maksimal

Sejumlah masyarakat di luar kecamatan Blangpidie menilai pembagian masker tersebut tidak maksimal. Pasalnya, pembagian masker hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Blangpidie. Padahal di kecamatan lain seperti Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Setia, Susoh, Jeumpa, Kuala Batee dan Babahrot juga mengalami kondisi imbas kabut asap yang serupa.

“Kenapa hanya di satu kecamatan saja masker itu dibagi. Padahal di kecamatan lain juga diselimuti asap, tapi kesannya diabaikan, kami ini juga warga Abdya yang berhak atas perhatian yang sama,” singkat Munir warga Kecamatan Manggeng. (Rizal)

To Top