Pendidikan

Alhamdulillah, 1.222 Mahasiswa asal Abdya Dapat Beasiswa Prestasi

Alhamdulillah, 1.222 Mahasiswa asal Abdya Dapat Beasiswa Prestasi
Sejumlah mahasiswa di Abdya sedang melihat pengumuman nama-nama penerima beasiswa prestasi tahun 2015. [Rizal]

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 1.222 orang mahasiswa asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendapat bantuan beasiswa berprestasi dari pemerintah kabupaten setempat. Diantara jumlah tersebut mahasiswa Diploma III (tiga) sebanyak 140 orang dan Sarjana (S1) 1.082 orang.

Dari jumlah dana sebesar Rp1,5 milyar lebih, Pemkab Abdya memberikan kepada mahasiswa D-III sebesar Rp850.000,- per orang, sementara S-1 diberikan sebesar Rp1.300.000,- per orang.

Para mahasiswa tersebut diberikan bantuan beasiswa sesuai dengan indek prestasi (IP) yang sudah ditentukan yakni untuk Eksakta IP 3,2 dan Non Eksakta IP 3,5.

Kabag Keistimewaan Setdakab Abdya, Arifin, Kamis (1/10/2015) mengatakan, bantuan sosial untuk mahasiswa berprestasi itu diberikan sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Nomor 626 tahun 2015 tanggal 7 September 2015.

Kemudian persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang berhak menerima bantuan tersebut, yakni membuat Fakta Integritas bermaterai Rp.6000,- yang ditanda tangani oleh mahasiswa yang bersangkutan dan tidak boleh diwakili. Kemudian membuat kwitansi Tanda Penerimaan bermaterai Rp.6000, untuk S1, sementara untuk D-III bermaterai Rp.3000.

Selanjutnya, Foto Copy Buku Rekening Bank Aceh yang masih aktif sebanyak 2 lembar, untuk mahasiswa yang berada di luar pulau sumatra boleh melampirkan foto copy buku rekening Bank selain Bank Aceh, lalu masing-masing berkas tersebut di buat dalam rangkap dua.

Dikatakan Arifin, penyerahan berkas tersebut lansung ke ruang Bagian Keistimewaan Setdakab Abdya dengan waktu yang sudah ditentukan yakni mulai dari tanggal 30 September sampai dengan 15 Oktober 2015 mendatang, apabila telah melewati jadwal yang telah ditentukan, maka pihak panitia tidak dapat memproses bahan kelengkapan administrasi beasiswa tersebut.

Arifin menjelaskan, bantuan sosial tersebut nantinya setelah diserahkan kepada pihak keuangan baru ditransfer ke rekening pribadi masing-masing mahasiswa.

“Kapan disalurkan, tergantung hasil verifikasi berkas di keuangan nanti, karena kita hanya melengkapi berkas saja,” kata Arifin singkat. (Rizal)

To Top