Peristiwa

Aceh Singkil Dilanda Gempa dan Debu Vulkanik

Aceh Singkil Dilanda Gempa dan Debu Vulkanik

ACEHTERKINI.COM | Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh melakukan observasi pada pukul 14.05 wib dan prakiraan enam jam kedepan terdapat sebaran debu vulkanik menyebar ke arah barat dari titik letusan Gunung Sinabung.

Dilansir dari group informasi BMKG Aceh, bahwa wilayah Aceh Singkil, Subulussalam, Kutacane dan Tapak Tuan ikut terkena dampak dari debu vulkanik tersebut.

Dari laporan VAAC Darwin diperoleh data telah terjadi erupsi Gunung Sinabung, Selasa (13/10/2015) pukul 10.30 wib.

Kemudian BMKG juga melansir informasi terjadinya gempa dengan kekuatan 3,6 skala richter, Selasa (13/10/2015) pukul 17.05 wib dengan lokasi 2.14 LU – 97.83 BT atau 43 kilometer barat daya, Kabupaten Aceh Singkil dengan kedalaman 12 kilometer.

Efridawati dari BMKG Aceh mengatakan, kekuatan gempa tersebut dapat dirasakan tergantung dari pusat gempa dan kedalamannya. “Jika kekuatan gempa 3,6 skala richter tersebut pusatnya didarat dan dekat dengan kita tentunya gempa tersebut dapat dirasakan oleh manusia,” tulis Efridawati menerangkan.

“Alat kami tetap tercatat gempa-gempa walaupun kecil, sehingga setiap sinyal yang terekam akan dianalisa. Sedangkan info gempa itu dirasakan atau tidak, kami masih menerima masukan dari daerah tersebut, kalau di Banda Aceh sudah ada alat yang merekam kekuatan gempa, sekali lagi kita berharap info dari masyarakat untuk daerah lain di Aceh,” demikian Efridawati. [Red]

To Top