Layanan Publik

Abdya Beli Mobil Damkar Tiga Unit Rp 4,5 Miliar

Abdya Beli Mobil Damkar Tiga Unit Rp 4,5 Miliar
Ilustrasi

ACEHTERKINI.COM | Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya menambah mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) tahun 2015 sebanyak tiga unit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya, Anwar Daud kepada media ini, Kamis (8/10/2015) mengatakan pengadaan Damkar tersebut dialokasikan dalam APBK tahun 2015 sebesar Rp4,5 miliar.

Selain itu kata dia, Pemkab Abdya juga membeli satu unit beko loder dari dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp1,5 miliar.

Ia menjelaskan sebelum bertambahnya Damkar tersebut, pihaknya hanya memiliki empat unit. “Ini akan sangat membantu BPBK dalam penanggulangan bencana kebakaran,” kata Anwar Daud.

Damkar yang dibeli dengan dana APBK ini akan ditempatkan di pos pembantu yang tersebar di kecamatan-kecamatan di Abdya. Jumlah armada keseluruhan sudah mencapai tujuh unit.

Untuk mengimbangi ketersediaan tiga unit Damkar baru itu, BPBK Abdya menambah jumlah personel yang direkrut dari tenaga kontrak daerah di sejumlah instansi sebanyak 30 orang.

“Personel tambahan sebanyak 30 orang dan saat ini sedang dipersiapkan pembekalan mengenai teknis dalam penanggulangan bencana termasuk teknisi khusus Damkar,” ujar Anwar Daud.

Sementara itu Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Abdya, Miswar SH berharap agar kerja BPBK Abdya dengan bertambahnya Damkar tersebut dapat bekerja cepat dalam menangani sejumlah bencana kebakaran.

“Selama ini persepsi masyarakat, kinerja BPBK Abdya masih lamban dalam melakukan pemadaman api dan selalu terlambat,” kata Miswar.

“Ini sebuah langkah bagus bagi BPBK Abdya untuk terus berpacu memperbaiki dan manangkis penilaian masyarakat terkait lambannya penanganan bencana kebakaran,” ujarnya lagi. [Rizal]

To Top