Sosial

86 Jamaah Haji Asal Abdya Kembali Ke Kampung Halaman Dengan Selamat

86 Jamaah Haji Asal Abdya Kembali Ke Kampung Halaman Dengan Selamat
Wabup Abdya, Erwanto menyambut kedatangan Jamaah Haji di Pendopo, Selasa (20/10/2015)

ACEHTERKINI.COM | Sebanyak 86 orang Jamaah Haji asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang tergabung dalam kloter dua, Selasa (20/10/2015) tiba dengan selamat di kabupaten setempat sekitar pukul 10.00 wib.

Para Jamaah yang terdiri dari 25 laki-laki dan 61 perempuan disambut oleh Wakil Bupati Abdya, Erwanto SE MA didampingi unsur Muspida Abdya di Pendopo Bupati termasuk puluhan pihak keluarga yang sejak pukul 08.00 telah menunggu kedatangan jamaah.

Kabag Keistimewaan Setdakab Abdya, Arifin mengatakan, selain disambut oleh unsur Muspida, mereka juga disambut dengan prosesi peusijuk (tempung tawar) yang merupakan adat Aceh.

Kepulangan puluhan jamaah tersebut difasilitasi oleh Pemkab Abdya dengan menyediakan sejumlah bus yang ditugaskan langsung untuk menjemput para jamaah setiba di Banda Aceh. Begitu juga dengan keberangkatan jamaah pada Rabu (9/9/2015) lalu yang diantarkan langsung ke Asrama Haji.

Wakil Bupati Abdya, Erwanto usai mempeusijuk para jamaah mengucapkan rasa syukur atas kembalinya 86 jamaah haji dengan selamat ke kampung halaman.

Sementara itu, Kasie Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Abdya, H Roni Haldi Lc kepada wartawan mengatakan, berdasarkan laporan dari petugas haji, pelaksanaan rukun haji oleh jamaah asal Abdya dilakukan sesuai dengan syariat dan ketentuan. Bahkan selama pelaksanaan rukun, tidak ada kendala yang berarti, sehingga dikhawatirkan akan merusak nilai ibadah.

Selain itu, musibah yang menimpa Mekkah beberapa waktu lalu juga sempat membuat para jamaah Abdya menjadi was-was. Namun kondisi kecemasan jamaah tersebut tidak mempengaruhi kekhusyukan mereka selama menunaikan rukun haji.

“Para jamaah mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda sekitar pukul 20.23 wib kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan lanjutan di Asrama Haji,” tutupnya.

Sementara itu, H Nasrun Yunan yang juga anggota Balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Abdya yang tergabung dalam salah satu jamaah haji asal Abdya mengaku bersyukur karena telah tiba di Abdya dengan selamat.

“Semuanya berjalan dengan lancar, Alhamdulillah. Kami merasa senang karena telah selesai menunaikan rukun haji tanpa rintangan dan kembali dengan selamat,”katanya singkat. (Rizal)

To Top