Ekonomi

Target 5.500 Ton, Bulog Abdya Tampung Beras Petani Rp7.300 Per Kilogram

ACEHTERKINI.COM | Kepala Perum Bulog Sub Divre VI Blangpidie, H Basir SSos, Kamis (3/9/2015) di Balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Barat Daya (Abdya) menyatakan siap menampung beras hasil panen padi petani lokal di Kabupaten Abdya.

Dimana dalam waktu dekat, petani di Kabupaten Abdya akan memasuki masa panen raya. Sehingga diharapkan kepada seluruh petani agar tidak menjual hasil panen ke agen yang datang dari luar daerah.

“Beras dari petani lokal lebih bagus dan terjamin kualitasnya. Apalagi panen tahun ini, rata-rata tanaman padi milik petani tumbuh subur dan bisa dikatakan hasilnya lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” kata Basir.

Target pengadaan beras dalam negeri di Perum Bulog Sub Divre VI Blangpidie tahun 2015 mencapai 5.500 ton sesuai dengan pragnosa.

Dikatakan Basir, Perum Bulog, tidak menampung gabah hasil penen raya 2015, melainkan di tampung dalam bentuk beras melalui mitra kerja atau pengusaha penggilingan padi. Beras produksi lokal ditampung dengan harga Rp7.300 per kilogram untuk kelas medium, Rp8.000-Rp8.500 per kilogram untuk kelas medium plus dan kelas premium dengan harga Rp9.000 per kilogram.

Kepada pemasok beras ke gudang bulog (mitra kerja) diberikan karung secara gratis khusus untuk beras kelas medium.“Beras yang ditampung Perum Bulog tersebut seperti beras medium sesuai dengan Inpres RI Nomor 3 Tahun 2012, disebutkan antara lain, kadar air 14,1 persen dan derajat sosoh 95 persen,” terangnya. [Rizal]

To Top